Sri Mulyani Peringatkan Kenaikan Harga Bahan Pokok Jelang Lebaran bisa Berdampak Pada Inflasi

Menteri Keuangan Sri Mulyani/cnn

Beropini.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memperingatkan bahwa sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan harga menjelang Lebaran. Hal ini dinilai perlu diperhatikan karena berdampak pada kenaikan inflasi dan berpotensi mempengaruhi daya beli masyarakat.

Sri Mulyani menyebutkan bahwa beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga meliputi telur ayam sebesar 13,5%, daging ayam naik 6,6%, minyak goreng naik 5,1%, bawang putih naik 9%, gula pasir naik 3,1%, dan daging sapi naik 0,3%. Meskipun beras, yang sebelumnya menjadi penyebab inflasi, diketahui mulai menunjukkan penurunan harga.

"Beberapa komoditas menjelang hari raya mengalami kenaikan seperti telur ayam, daging, minyak goreng, bawang putih, gula pasir, dan daging sapi. Ini yang perlu kita waspadai karena inflasi terutama dari harga pangan itu langsung mempengaruhi daya beli masyarakat terutama menengah bawah," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTA, Senin (25/3/2024).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi pada Februari 2024 mencapai 2,75% secara tahunan atau year on year (yoy). Meskipun demikian, kondisi ini masih dianggap relatif rendah jika dibandingkan dengan negara lain.

Sri Mulyani menambahkan bahwa terdapat banyak langkah yang bisa dilakukan dari APBN untuk mendukung kementerian/lembaga (K/L) dalam menjaga stabilitas harga agar masyarakat tetap dapat memperoleh harga pangan yang stabil.

"Ini yang perlu kita perhatikan, banyak langkah-langkah yang dilakukan termasuk dari APBN untuk mendukung K/L dalam memperbaiki dan menstabilkan harga supaya masyarakat tetap bisa mengakses harga pangan tersebut," tambahnya. 


(br/nas)

Lebih baru Lebih lama