Longsor di Cipongkor KBB, 10 Orang Warga Dilaporkan Tertimbun

Sebanyak 10 orang warga tertimbun akibat bencana longsor di Kampung Cigintung RT03/07 Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

Beropini.id - Sebanyak 10 warga dilaporkan tertimbun dalam bencana longsor di Kampung Cigintung RT03/07, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, akibat hujan deras yang melanda daerah tersebut pada malam Minggu, 24 Maret 2024.

Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama tim Basarnas masih terus melakukan upaya pencarian terhadap korban. Hingga saat ini, dari 10 warga yang tertimbun, hanya satu orang yang berhasil dievakuasi, yakni Sofi (30).

"Laporan yang masuk menyebutkan ada 10 orang yang tertimbun dalam longsor. Sembilan korban masih dalam proses pencarian, sedangkan satu korban yang bernama Sofi sudah berhasil dievakuasi sekitar jam 2 dini hari," ungkap Plt Kepala BPBD Bandung Barat, Meidi, saat dihubungi pada hari Senin, 25 Maret 2024.

Bencana longsor tersebut terjadi sekitar pukul 21:00 WIB pada tanggal 24 Maret 2024, dipicu oleh hujan deras yang berlangsung cukup lama, ditambah dengan kondisi topografi tanah dan kemiringan tebing yang curam. Hal ini menyebabkan tebing di lokasi kejadian jenuh dan ambrol menutup jalanan.

"Kemiringan tebing mencapai 60 derajat, dengan ketinggian sekitar 100 meter. Akibatnya, material tanah menutupi lahan pertanian dan pemukiman warga," tambahnya.

Meidi menjelaskan bahwa bencana longsor ini menyebabkan rusaknya 30 rumah warga, serta 100 Kepala Keluarga atau sekitar 350 jiwa mengungsi ke kantor Desa Cibenda dan SDN 1 Cibenda. Selain terdampak longsor, kawasan ini juga dilanda banjir bandang karena meluapnya Sungai Cijambu.

"Selain longsor, juga terjadi banjir bandang. Secara keseluruhan, ada sekitar 350 jiwa yang terdampak dan mengungsi," tambahnya.


(br/bdg)

Lebih baru Lebih lama