Ayo Piknik ke Purwakarta Saat Libur Lebaran, Pemkabnya Sudah Siapkan 67 Destinasi Wisata Loh!

Taman Air Mancur Sri Baduga Purwakarta/Traveloka

Beropini.id - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, telah menyiapkan 67 destinasi wisata untuk menarik minat dan menampung para wisatawan selama musim libur Lebaran 2024. Dari total tersebut, 30 destinasi merupakan tempat wisata alam dan buatan, sementara sisanya terdiri dari destinasi budaya, kuliner, religi, dan edukasi.

"Purwakarta memiliki beragam destinasi wisata yang menarik. Semuanya sangat indah dan layak untuk dikunjungi," ujar Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan Purwakarta, Mohamad Ramdhan, di Purwakarta, pada Jumat (22/3/2024). Ramdhan menambahkan bahwa pihaknya terus melakukan perbaikan dan peningkatan fasilitas di destinasi wisata guna memastikan para pengunjung merasa nyaman dan betah di Purwakarta.

Beberapa destinasi wisata yang sering dikunjungi para wisatawan selama musim libur Lebaran, menurut Ramdhan, antara lain destinasi religi seperti Masjid Agung dan Komplek Makam Syaikh Nawawi Al Bantani atau yang lebih dikenal dengan Baing Yusuf. Destinasi kuliner sate maranggi juga menjadi favorit bagi para wisatawan Lebaran.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Purwakarta, Rudi Hartono, menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Purwakarta akan mengoptimalkan semua potensi pariwisata yang ada.

"Ini sebagai tindak lanjut dari arahan Penjabat Bupati Purwakarta, Benni Irwan, agar semua potensi yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan daerah dapat dioptimalkan, termasuk sektor pariwisata," ungkapnya. Rudi juga menambahkan bahwa jumlah pemudik yang cukup besar pada tahun ini dapat menjadi peluang untuk menggerakkan perekonomian masyarakat dan daerah.

"Jumlah pemudik yang signifikan merupakan pasar potensial bagi sektor pariwisata. Kami telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk memanfaatkan peluang ini," tuturnya.


(br/pwk)

Lebih baru Lebih lama