Logistik Pemilu Serentak 2024 untuk Kabupaten Purwakarta Mulai Didistribusikan oleh KPU

Ketua KPU Purwakarta, Dian Hadiana, menggembok boks mobil yang mengangkut logistik Pemilu dari Gudang KPU Purwakarta ke tiap kecamatan, Selasa (6/2/2024). 

Beropini.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, telah memulai proses distribusi logistik Pemilu dari gudang logistik menuju daerah pemilihan (dapil).

Distribusi logistik Pemilu dimulai pada hari Selasa (6/2/2024).

Proses distribusi logistik Pemilu ke setiap kecamatan juga diawasi dengan ketat oleh petugas kepolisian.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, menjelaskan bahwa Polres Purwakarta telah melakukan pengawalan ketat terhadap logistik Pemilu sejak didistribusikan dari pusat ke KPU Purwakarta, termasuk dalam pendistribusian ke kecamatan.

"Setiap perpindahan kotak suara dan surat suara dari pabrik ke gudang hingga ke TPS, kami selalu melakukan pengawalan yang ketat," ujar Edwar kepada wartawan di Gudang Logistik KPU Purwakarta, Selasa.

Menurutnya, pengamanan yang ketat tersebut bertujuan untuk memastikan keamanan surat suara Pemilu 2024 serta mencegah terjadinya kerusakan atau manipulasi.

"Polres Purwakarta bertekad untuk menjaga keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 di wilayahnya," tegasnya.

Edwar menjelaskan bahwa total ada 363 personel polisi yang akan bertugas mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berjumlah 2.693 di wilayah Purwakarta.

Selain itu, setiap desa dan kelurahan juga memiliki perwira pengendali, dan terdapat pula petugas keamanan dari masyarakat setempat.

"Polres Purwakarta mengawal pendistribusian logistik Pemilu dengan ketat. Jajaran kepolisian telah menyiapkan personel untuk mengantisipasi segala kemungkinan," tambahnya.

Ketua KPU Purwakarta, Dian Hadiana, menjelaskan bahwa distribusi logistik Pemilu ke kecamatan di Kabupaten Purwakarta dilakukan secara bertahap dalam kurun waktu tiga hari ke depan.

Dia menyebut bahwa tahap pertama distribusi logistik dilakukan di dua kecamatan, yaitu Wanayasa dan Pondoksalam.

"Kemudian, kita akan melanjutkan distribusi ke kecamatan lainnya. Pada tanggal 9 Februari 2024, diharapkan semua surat suara dan kotak suara telah tersedia di 17 Kecamatan di Kabupaten Purwakarta," jelas Dian.


(br/pwk)

Lebih baru Lebih lama