Indikator Politik Rilis Survey Terbaru, Pasangan Prabowo-Gibran Capai 51,8 Persen

Pasangan Prabowo-Gibran/tempo

Beropini.id - Hasil survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia mencatat tingkat elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming masih menduduki posisi tertinggi dibandingkan dengan kedua rivalnya dalam Pilpres 2024.

Menurut Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, survei yang dilakukan pada periode 28 Januari hingga 4 Februari 2024 menunjukkan bahwa tingkat elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran mencapai 51,8 persen.

Di sisi lain, posisi kedua ditempati oleh pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas sebesar 24,1 persen. Capaian ini sekaligus mengungguli pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang hanya mencapai 19,6 persen.

Burhanuddin menyatakan bahwa tren top of mind Prabowo-Gibran terus meningkat. "Jika tren ini berlanjut, kemungkinan besar Prabowo akan memenangkan Pilpres dalam satu putaran," katanya dalam konferensi pers, Jumat (9/2).

Sementara tren top of mind Ganjar cenderung menurun, sedangkan Anies cenderung stagnan.

Survei Indikator Politik Indonesia dilakukan pada 28 Januari hingga 4 Februari 2024. Metode sampling yang digunakan adalah multistage random sampling dengan total sampel sebanyak 1.200 responden.

Lembaga survei lainnya, Political Statistics (Polstat), juga melaporkan elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sebesar 52,8 persen.

Pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin), menduduki posisi kedua dengan elektabilitas sebesar 26,5 persen.

Sementara itu, pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 18,2 persen. Sekitar 2,5 persen responden belum memutuskan pilihan (undecided voters).


(br/plt)

Lebih baru Lebih lama