Rilis Survei Terbaru LSI di Wilayah Sumatera Barat, Elektabilitas Pasangan Prabowo-Gibran Capai 49,8%

Foto ilustrasi/detik

Beropini.id - Lembaga Survei Indonesia (LSI) baru saja merilis hasil survei terkini mengenai peta elektoral menjelang Pemilu 2024 di Sumatra Barat (Sumbar). Berdasarkan hasil survei yang dilakukan pada periode 11-18 Januari 2024 dengan menggunakan metode multistage random sampling, elektabilitas Pasangan Calon Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming mencapai 49,8 persen.

Survei ini melibatkan 1.600 responden di Sumbar, dengan margin of error +- 2,5% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%. Hasil survei LSI di Sumbar menunjukkan perolehan suara sebagai berikut:

  • Prabowo-Gibran: 49,8%
  • Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 42,1%
  • Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 4,3%
  • Tidak tahu/tidak jawab: 3,8%

Dalam keterangan yang diterima pada Rabu (24/1/2024), Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, menjelaskan bahwa populasi survei mencakup seluruh warga negara Indonesia di Sumbar yang memiliki hak pilih dalam Pemilihan Umum. Sampel diambil dari seluruh Kabupaten/Kota di tiap Daerah Pemilihan (Dapil) Sumbar, dengan total sampel 1.600 responden.

"Wawancara tatap muka dilakukan oleh pewawancara yang telah dilatih terhadap responden terpilih. Kendali mutu hasil wawancara dilakukan secara random pada 20% dari total sampel oleh supervisor lapangan dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check)," kata Djayadi.

Dalam simulasi surat suara, ternyata hasil survei tidak banyak berubah. Pasangan Prabowo-Gibran masih memimpin dengan 49,8%, diikuti Anies-Imin dengan 42,1%, dan Ganjar-Mahfud hanya mencapai 4,3%. Sebanyak 3,8% responden menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab. Djayadi menekankan bahwa survei ini dilakukan dengan serius dan kontrol mutu dilakukan secara rutin untuk memastikan akurasi hasil.


(br/plt)

Lebih baru Lebih lama