Partai Demokrat Dukung Prabowo, Ini Respon Anies Baswedan

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar/istimewa 

Beropini.id - Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Baswedan, menyatakan penghormatan terhadap keputusan Partai Demokrat yang memilih untuk mendukung Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024.

Anies menegaskan bahwa setiap partai politik dan masyarakat memiliki hak untuk menentukan pilihannya dalam pemilu, sesuai dengan prinsip demokrasi yang berlaku di Indonesia. Meskipun Partai Demokrat telah mencabut dukungannya terhadapnya, Anies menyatakan bahwa koalisi yang memadukan sejumlah partai politik tersebut tetap kuat dan bersatu untuk menghadapi Pilpres 2024.

"Partai, pimpinan partai, dan masyarakat memiliki hak yang sama untuk menentukan pilihannya dan menentukan arah di dalam Pilpres dan Pemilu ini. Jadi kami menghormati, kami menghargai, dan Koalisi Perubahan solid, akan terus menyongsong 14 Februari 2024," katanya.

Partai Demokrat secara resmi mengumumkan dukungan mereka kepada Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden dalam Pilpres 2024. Keputusan ini ditandai dengan kehadiran petinggi Demokrat dalam pertemuan partai Koalisi Indonesia Maju di kediaman Prabowo di Hambalang pada tanggal 17 September.

Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat, Andi Mallarangeng, menyatakan bahwa pengumuman dukungan resmi akan dilakukan dalam rapat pimpinan nasional pada tanggal 21 September. Alasan dukungan ini, menurut Andi, adalah keyakinan bahwa Prabowo memiliki potensi untuk memenangkan Pilpres 2024.

"Kami memilih yang Insya Allah akan menang. Kami melihat Pak Prabowo yang akan memenangkan Pilpres 2024 nanti," ujar Andi.

Selain itu, Partai Demokrat juga mendukung Prabowo karena ia bersedia menerima agenda perubahan dan perbaikan yang diusulkan oleh Demokrat, sehingga partai tersebut memutuskan untuk memberikan dukungannya tanpa syarat.


(br/plt)

Lebih baru Lebih lama