Bertemu Prabowo Subianto, Gerindra Akui Ridwan Kamil Masuk Radar Cawapres

Juru Bicara Pemenangan Pemilu DPP Partai Gerindra, Budisatrio Djiwandono./republika 

Beropini.id - Wakil Ketua Umum Gerindra, Budisatrio Djiwandono, mengakui bahwa Koalisi Indonesia Maju sedang mempertimbangkan kemungkinan Ridwan Kamil, mantan Gubernur Jawa Barat, sebagai calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Prabowo Subianto. Pernyataan ini disampaikan setelah Ridwan Kamil mengunjungi kediaman Prabowo pada Rabu malam, tanggal 13 Agustus 2023.

Budisatrio memberikan pernyataan kepada wartawan pada hari Kamis, tanggal 14 September 2023, mengatakan, "Pak Ridwan Kamil namanya baik dan harum. Semua dipertimbangkan sebagai kemungkinan (untuk menjadi cawapres pendamping Prabowo),".

Budi menjelaskan bahwa ketua umum partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) masih dalam tahap diskusi untuk menentukan cawapres yang tepat yang akan mendampingi Prabowo. Keputusan akhir mengenai calon cawapres akan diumumkan pada waktu yang sesuai.

Dia juga menjelaskan bahwa pertemuan antara Prabowo dan Ridwan Kamil pada malam sebelumnya adalah bagian dari silaturahmi. Kedua tokoh tersebut makan malam bersama di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Budi menambahkan bahwa pertemuan tersebut terjadi karena Ridwan Kamil adalah anggota Koalisi Indonesia Maju, mengingat posisinya saat ini sebagai Wakil Ketua Umum Partai Golkar. Selain itu, Prabowo adalah warga Jawa Barat karena kediamannya terletak di Hambalang, Bogor.

"Pak Ridwan Kamil merupakan kader Golkar yang juga bagian dari Koalisi Indonesia Maju yang baru saja purnatugas sebagai Gubernur Jawa Barat. Kebetulan Pak Prabowo juga warga Jawa Barat," ujar keponakan Prabowo itu.

Pertemuan antara Prabowo dan Ridwan Kamil pertama kali diketahui melalui sejumlah foto yang diunggah di akun Instagram resmi Prabowo (@prabowo) yang telah diverifikasi. Terlihat kedua tokoh ini makan malam bersama sambil berbincang di sebuah ruangan yang disediakan dengan berbagai hidangan.

Dalam unggahan tersebut, Prabowo juga membagikan foto cilok, makanan khas Jawa Barat, yang merupakan oleh-oleh dari Ridwan Kamil.

"Tuang sareng Kang Emil, hatur nuhun kanggo oleh-oleh cilokna. Raos Pisan. (Makan bareng Kang Emil, terima kasih atas oleh-oleh ciloknya. Gurih banget)," kata Prabowo di keterangan unggahannya. 

Pertemuan antara Prabowo dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini terjadi di tengah-tengah tekanan waktu para calon presiden (capres) untuk menentukan cawapres mereka, karena pendaftaran akan dibuka kurang dari satu bulan lagi. Saat ini, Prabowo dan capres PDIP, Ganjar Pranowo, sama-sama belum mengumumkan calon cawapres mereka.

Sementara itu, beredar kabar bahwa Ridwan Kamil mungkin akan menjadi cawapres pendamping Ganjar, meskipun Partai Golkar telah menyatakan dukungannya kepada Prabowo. Kabar ini muncul setelah Kamil mengumumkan pensiun dari jabatannya sebagai gubernur dan mengisyaratkan akan ada pengumuman penting tentang dirinya dalam pekan ini.

(br/plt)

Lebih baru Lebih lama