Jelang Aksi Unjuk Rasa di Al-Zaytun, Tim Keamanan Bentangkan Kawat Berduri di Gerbang Masuk

Polisi bersiaga di depan gerbang Ponpes Al-Zaytun (Foto: Sudedi Rasmadi/detikJabar) 

Beropini.id - Pada hari Kamis, tanggal 6 Juli 2023, ratusan warga yang tergabung dalam Aliansi Santri dan Rakyat Indonesia untuk Indramayu (ASRI) bersiap-siap untuk menuju Ponpes Al-Zaytun. Setelah sebelumnya mengirimkan surat pemberitahuan, massa tersebut akan berkumpul di dua titik yang telah ditentukan.

"Jadi hari ini, hari Kamis tanggal 6 Juli 2023 kami sudah menerima surat pemberitahuan terkait aksi menyampaikan pendapat dimuka umum dari Aliansi Santri dan Rakyat Indonesia untuk Indramayu (ASRI)," kata Kapolres Indramayu, AKBP M Fahri Siregar saat berjaga di depan Gerbang Al-Zaytun, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, seperti dilansir dari DetikNews.

Berdasarkan surat pemberitahuan dari ASRI, Kapolres Indramayu menyebutkan bahwa jumlah massa yang akan menggelar aksi mencapai 1.000 orang. Menurut informasi di lapangan, massa tersebut mulai berkumpul di Islamic Center dan Kecamatan Haurgeulis sebelum menuju Ponpes yang dipimpin oleh Panji Gumilang.

Fahri menjelaskan bahwa pada pagi tadi sekitar pukul 08.30 WIB, seratusan massa aksi sudah berkumpul di Islamic Center yang terletak di sekitar Pusat Kota Indramayu.

"Dari surat pemberitahuan bahwa jumlah massa aksi sebanyak 1.000 dan saat ini ada dua titik tempat berkumpulnya massa yaitu di Islamic Center dan Haurgeulis," ujar Fahri.

Dalam upaya pengamanan kali ini, Fahri menyatakan bahwa tidak ada perbedaan signifikan dengan pengamanan aksi sebelumnya. Namun, pihak kepolisian tetap menambah jumlah personel dari Polres setempat maupun dari jajaran Polda Jawa Barat.

"Kami Polres Indramayu dan dibantu Polres penyangga jajaran Polda Jawa Barat telah menyiapkan pola dan rencana pengamanan. Dan pola pengamanan dan cara bertindak hampir sama dengan beberapa kali pengamanan yang telah dilaksanakan," ungkapnya.

Di lokasi, terlihat sekitar 600 personel gabungan yang berjaga di sekitar gerbang utara Ponpes Al-Zaytun. Bahkan, petugas telah memasang barikade kawat berduri sebelum massa aksi dari ASRI tiba.

Kapolres Indramayu mengimbau agar aksi penyampaian pendapat di muka umum nanti dilakukan dengan aman dan tertib. Massa diingatkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

"Kami sudah mengimbau kepada massa aksi untuk tetap menjaga kondusifitas dan melaksanakan aksi ini dengan aman dan tertib," kata Fahri.

(br/jbr)

Lebih baru Lebih lama