Viral Video Warga Garut Memancing di Jalan Rusak, Begini Respon Dinas PUPR

Aksi sejumlah warga memancing di kubangan air di jalan yang kondisinya rusak, wilayah Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Beropini.id - Rekaman video yang viral di media sosial menunjukkan aksi tak lazim dari sekelompok warga di Kabupaten Garut. Mereka terlihat sibuk memancing di kubangan air yang terbentuk di tengah jalan rusak. Tidak hanya itu, warga juga mengambil langkah kreatif dengan menanam pohon di ruas jalan yang mengalami kerusakan. Aksi tersebut ternyata merupakan bentuk protes dari warga terhadap pemerintah setempat yang dinilai lamban dalam memperbaiki jalan rusak tersebut.

Video yang menjadi perbincangan hangat itu diambil di ruas Jalan Bungbulang-Mekarmukti, Kecamatan Mekarmukti, Kabupaten Garut. Warga yang terlibat dalam aksi tersebut ingin menyampaikan ketidakpuasan mereka terhadap kondisi jalan yang semakin parah dan tidak kunjung diperbaiki oleh pemerintah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut, Luna Aviantrini, merespons aksi tersebut dengan memberikan penjelasan. Menurutnya, penanganan jalan di Mekarmukti baru saja melewati proses tender, dan saat ini pihak Dinas PUPR sedang melakukan pengecekan langsung terhadap kondisi di lapangan.

“Berkaitan dengan konten yang sedang viral ya di medsos, Jalan Mekarmukti sebenarnya ini sudah masuk kepada penanganan di tahun anggaran 2023,” kata Luna, dalam siaran pers, Minggu (17/6/2023).

Luna menjelaskan, jalan di Kecamatan Mekarmukti sepanjang empat kilometer akan mendapatkan perbaikan dengan anggaran sekitar Rp 15 miliar. Dana tersebut berasal dari Bantuan Keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar). Dia juga menjelaskan bahwa ada dua ruas jalan utama yang akan ditangani, yaitu Cikaro-Bungbulang-Mekarmukti dan Bungbulang-Cijayana-Mekarmukti.

Menurut Luna, tingkat kualitas jalan kabupaten di Garut telah mencapai 84,6 persen. Dari total panjang jalan kabupaten sekitar 829 kilometer, sekitar 627 kilometer di antaranya dalam kondisi baik. Pihak Dinas PUPR Kabupaten Garut tetap berupaya untuk mencapai target tersebut. Tahun ini, mereka menargetkan memperbaiki 23 ruas jalan dengan total panjang sekitar 127 kilometer. Untuk perbaikan jalan tersebut, anggaran sebesar Rp 185 miliar telah disiapkan.

Luna juga menginformasikan bahwa warga yang ingin melaporkan kondisi jalan rusak dapat melakukannya melalui akun Instagram resmi Dinas PUPR Garut (@puprgarutkab.official), situs web pupr.garutkab.go.id, atau lapor.go.id.

(br/grt)

Lebih baru Lebih lama