Fixpoll Rilis Survei Terbaru untuk Wilayah Jawa Timur, Prabowo Mendapatkan Popularitas Tertinggi

Survei Fixpoll: Prabowo Subianto menjadi capres yang memiliki popularitas tertinggi/istimewa

Beropini.id - Dalam hasil survei terbaru yang dirilis oleh lembaga survei, terungkap bahwa calon presiden unggulan di wilayah Jawa Timur adalah Prabowo Subianto dari Partai Gerindra dengan elektabilitas 35,8 persen. Di bawah Prabowo, terdapat Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 30,3 persen, diikuti oleh Anies Baswedan dengan elektabilitas 10,5 persen, dan Airlangga Hartarto dengan elektabilitas 3,0 persen.

Survei tersebut juga menunjukkan bahwa Menteri Pertahanan Prabowo Subianto merupakan calon presiden dengan tingkat popularitas tertinggi di kalangan masyarakat Jawa Timur, dengan tingkat keterkenalan sebesar 72,7 persen. Ganjar Pranowo menduduki posisi kedua dengan tingkat keterkenalan sebesar 68,8 persen, diikuti oleh Anies Baswedan dengan tingkat keterkenalan sebesar 64,0 persen.

Sementara itu, jika hanya ada tiga pasangan calon, survei menunjukkan bahwa calon presiden dari PDI Perjuangan menduduki posisi unggul dengan elektabilitas tertinggi sebesar 32,1 persen, diikuti oleh Prabowo Subianto dengan elektabilitas 31,7 persen, dan Anies Baswedan dengan elektabilitas 11,9 persen.

Direktur Eksekutif Fixpoll, Mohammad Anas, mengungkapkan hasil survei tersebut dalam sebuah acara di Hotel Thamrin Jakarta pada Rabu, 31 Mei. Survei ini dilakukan pada tanggal 9 hingga 16 Mei 2023 dengan menggunakan metode penarikan sampel multistage random sampling.

Menurutnya, survei ini melibatkan 840 responden dengan margin of error sebesar +/- 3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner oleh pewawancara yang telah dilatih.

Dalam survei ini, responden diminta untuk memilih salah satu dari empat calon presiden yang disodorkan dalam pertanyaan "Jika Bapak/Ibu/Saudara saat ini datang ke TPS dan berada di dalam bilik suara, dari 4 nama-nama calon presiden di bawah ini mana yang akan dipilih?" Hasilnya menunjukkan bahwa Prabowo menduduki posisi pertama di Jawa Timur, diikuti oleh Ganjar Pranowo.

Survei Empat Capres:

Prabowo Subianto 35,8%

Ganjar Pranowo 30,3%

Anies Baswedan 10,5%

Airlangga Hartarto 3,0%


Survei Tiga Capres:

Ganjar Pranowo 32,1%

Prabowo Subianto 31,7%

Anies Baswedan 11,9%


Popularitas di Jawa Timur :

Prabowo Subianto 72,7%, disusul

Ganjar Pranowo 68,8%, 

Anies Baswedan 64,0%.


(br/republika)

Lebih baru Lebih lama