Dinas Peternakan dan Polres Subang Cek Kesehatan Hewan Kurban Jelang Idul Adha 2023

Dinas Kesehatan dan Jajaran Polres Subang lakukan pengecekan hewan kuban (6/6/2023)/dok. Pemkab Subang

Beropini.id - Dalam upaya memberikan rasa aman kepada masyarakat menjelang Hari Raya Idul Adha, petugas Dinas Peternakan dan Polres Subang melakukan sidak dan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di beberapa pasar hewan di Kabupaten Subang pada Selasa (6/6/2023).

Sidak ini difokuskan pada pemeriksaan hewan kurban yang berasal dari wilayah di luar Kabupaten Subang. Tujuannya adalah menjaga agar hewan kurban terbebas dari penyakit mulut dan kuku serta memastikan kebugaran hewan tersebut.

Karlina, Kabid Keswan Dinas Peternakan Subang, menyatakan bahwa dalam pemeriksaan tersebut tidak ditemukan tanda-tanda gangguan kesehatan pada hewan kurban.

"Sejauh ini dari hasil pengecekan hewan seperti sapi tergolong sehat, tidak menunjukan segala gejala penyakit hewan kurban," ujar Karlina, dilansir dari Detik Jabar, Selasa (6/6/2023).

Menurut Karlina, setelah dinyatakan sehat dan aman untuk dijadikan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha, petugas akan memasang "kalung sehat" pada hewan kurban.

"Untuk hewan kurban nanti petugas akan memasang seperti kalung sehat lah namanya karena sudah diperiksa oleh petugas. Nanti hewan yang sudah di kalung sehat berarti layak dan bisa dipilih oleh masyarakat," katanya.

Sementara itu, AKBP Sumarni, Kapolres Subang, mengungkapkan bahwa pengecekan hewan kurban dilakukan tidak hanya di pasar hewan, tetapi juga di beberapa lokasi peternakan hewan kurban.

"Hari ini kami dari Polres Subang bersama Dinas Peternakan melakukan pengecekan ke pasar-pasar hewan ternak termasuk ke peternakan-peternakan yang ada di Kabupaten Subang," ungkap Sumarni di lokasi yang sama.

Sumarni menjelaskan bahwa tindakan ini dilakukan untuk memastikan bahwa hewan kurban, seperti sapi dan kambing, yang berasal dari luar wilayah Subang, dalam kondisi sehat dan aman bagi masyarakat Kabupaten Subang.

"Kita persiapkan untuk Idul Adha mengantisipasi jangan ada sapi-sapi yan didistribusikan di wilayah Subang yang terindikasi gangguan kesehatan dari hewan. Tentunya kami bekerja sama dengan dokter hewan yang ada di Dinas Peternakan," tuturnya.

Dengan adanya tindakan pengawasan dan pemeriksaan ini, diharapkan masyarakat dapat merayakan Hari Raya Idul Adha dengan tenang dan yakin akan kualitas serta kebersihan hewan kurban yang mereka pilih.

(br/detik)

Lebih baru Lebih lama