WHO Cabut Status Pandemi, Ridwan Kamil Berpesan Masyarakat Tetap Jaga Kesehatan

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil/kompas

Beropini.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengungkapkan kebahagiaannya atas pengumuman WHO yang mencabut status pandemi Covid-19. Menurutnya, ini artinya semua orang kini dapat hidup normal kembali. Namun, ia juga menekankan bahwa pandemi sebelumnya harus menjadi pelajaran bagi kita semua untuk lebih peduli terhadap kesehatan dan kebersihan.

"Sekarang kita bisa kembali hidup normal, tapi tetap harus memperhatikan kesehatan dan kebersihan. Insya Allah, negara ini akan menjadi luar biasa," ujar Ridwan Kamil saat ditemui oleh wartawan di Rumah Sakit Bandung Kiwari pada Selasa (9/5/2023).

Sebelumnya, pada Jumat tanggal 5 Mei 2023, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan bahwa pandemi Covid-19 tidak lagi berstatus darurat kesehatan global. Gubernur Jawa Barat menyambut baik kegiatan operasi katarak gratis yang digelar di RS Bandung Kiwari bekerja sama dengan pihak ketiga.

Menurut Emil, kegiatan ini sangat membantu puluhan ribu pasien yang sebelumnya berpotensi kebutaan menjadi sehat dan produktif secara ekonomi. 

"Inovasi kesehatan ini membuat angka harapan hidup tinggi. Apalagi, kegiatan ini digelar di rumah sakit yang saya bangun dan desain sendiri yang tadinya kumuh jadi sangat modern. Bahkan, sekarang statusnya naik dari status Rumah Sakit ibu dan anak menjadi Rumah Sakit Umum daerah," paparnya.

Ridwan Kamil menambahkan bahwa untuk menyelesaikan masalah kesehatan seperti katarak, bibir sumbing, dan stunting, kolaborasi antara pemerintah daerah dan pihak ketiga sangat diperlukan. Ia berharap agar pasien dapat memanfaatkan kegiatan operasi katarak gratis ini, dan meminta masyarakat untuk memberitahukan informasi tentang kegiatan ini kepada warga di desa atau kampung yang belum mengetahuinya melalui Camat atau Lurah.

(br/rejabar)

Lebih baru Lebih lama