Terjun Politik, Komedian Komeng Resmi Daftar Menjadi Calon DPD dari Jawa Barat

Komedian Alfiansyah Bustami alias Komeng resmi mendaftar DPD RI ke KPU Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, Sabtu (13/5/2023).

Beropini.id - Komedi adalah seni yang telah menghiasi hidup Alfiansyah 'Komeng' selama bertahun-tahun. Namun, seperti yang diungkapkannya dengan perasaan lelah, satir yang ia ciptakan tidak sepenuhnya terdengar oleh khalayak. Inilah yang mendorong Komeng untuk mencoba menghadirkan satir melalui kursi anggota DPD RI.

"Seniman tuh selalu bersatire, mungkin tidak mempan dengan satire-satire. Apakah dari DPD ini bisa untuk mewujudkan satire tersebut. Saya juga belum tahu karena belum mencoba," kata Komeng di Kantor KPU Jawa Barat, dilansir detikJabar, Sabtu (13/5/2023).

Komeng mengungkapkan bahwa ia memiliki misi khusus dalam partisipasinya dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Ia ingin menghidupkan dunia seni di Jawa Barat dan mengembalikan kejayaan gedung-gedung kesenian yang ada di daerah tersebut.

"Mudah mudahan lewat situ InsyaAllah saya akan menghidupkan semua gedung kesenian yang ada di Jawa Barat, biasanya kalau nggak salah tiap kabupaten/kota tuh ada," jelasnya.

Saat melakukan pendaftaran, Komeng tampak didampingi oleh rekannya sejawat seperti Jarwo Kwat, Bopak Castello, Daus Separo, dan Rudi Sipit. Mereka adalah para pelawak yang turut memberikan dukungan dalam perjalanan politik Komeng.

"Walaupun DPD itu kewenangannya kecil tapi menurut saya patut diperhitungkan dari DPD sendiri (untuk) meneriakkan sesuatu. Apakah nanti saya berteriak kedengeran, ya nggak tahu, proses masih berjalan kita tidak tahu nanti hasil pemungutan suara," pungkas Komeng.

Dengan langkah Komeng ini, mungkin kita akan melihat sisi unik politik Indonesia dengan hadirnya seorang komedian yang ingin membawa satir ke panggung politik. Bagaimana kiprahnya di DPD RI nantinya, kita tunggu dan saksikan saja.

(br/detik)

Lebih baru Lebih lama