Puluhan Warga Purwakarta Diduga Keracunan Massal Usai Santap Makanan di Hajatan

Warga Kampung Cisaray, Desa Sukajadi, Kecamatan Pondoksalam, Purwakarta, dievakuasi ke RUSD Bayu Asih akibat gejala keracunan. (Foto: iNews.id/Irwan)

Beropini.id - Kejadian tak terduga menimpa 65 warga Kampung Cisarai, Desa Sukajadi, Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta. Mereka mengalami gejala keracunan setelah menyantap makanan dalam sebuah hajatan.

Pada Selasa (16/5/2023), ke-65 orang tersebut memadati IGD RSUD Bayu Asih untuk mendapatkan perawatan medis. Warga-warga ini mengalami gejala seperti mual, pusing, dan muntah.

Dilansir dari DetikJabar sejak pukul 19.00 WIB, mobil ambulans, angkot, dan mobil pribadi berbondong-bondong menuju IGD RSUD Bayu Asih. Tim medis dengan sigap memberikan pertolongan pertama.

Banyaknya jumlah pasien membuat IGD RSUD Bayu Asih penuh sesak. Bahkan lorong, kursi, dan pelataran rumah sakit dipenuhi oleh korban keracunan.

Kepala Desa Sukajadi, Edeng Suhandi, menjelaskan bahwa sekitar 65 warga Desa Sukajadi saat ini sedang dirawat di RSUD Bayu Asih akibat dugaan keracunan makanan pada hari Minggu (14/5) yang lalu.

Edeng mengungkapkan bahwa para korban keracunan ini baru mengalami gejala sehari setelah peristiwa tersebut dan masih terus berlanjut hingga hari ini.

"Korban keracunan dimungkinkan akan terus bertambah karena pada hajatan tersebut jumlah warga yang hadir mencapai ratusan," ujar Edeng.

Salah satu korban bernama Amas mengeluhkan sakit perut, pusing, dan diare.

"Lemas, sudah susah ngomong juga. Ngerasain pusing, sampai mencret-mencret," katanya.

Para korban keracunan ini meliputi anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga lansia. Mereka sedang menjalani perawatan medis saat ini.

(br/detik)

Lebih baru Lebih lama