Praktik di Rumah Terbengkalai Penuh Sampah, Ini Profil Dokter Wayan Karawang

Rumah milik dokter Wayan yang viral karena tak terurus. Foto: Irvan Maulana/detikJabar

Beropini.id - Dokter Wayan adalah seorang dokter yang dikenal dengan sifatnya yang sederhana dan rendah hati. Belakangan ini, kondisi rumahnya yang berantakan menjadi viral di media sosial. Namun, bagi orang-orang yang mengenalnya, hal tersebut tidak mengurangi rasa hormat dan penghargaan mereka terhadap dokter Wayan.

Kade Ariase, kerabat dekat dokter Wayan, menjelaskan bahwa dokter Wayan memang memiliki sifat yang sangat sederhana. Meskipun banyak dokter yang dianggap hidup dalam kemewahan, namun hal itu tidak berlaku bagi dokter Wayan. Kade menyebutkan bahwa dokter Wayan adalah sosok yang pemalu dan lebih suka di rumah daripada bergaul dengan orang lain.

"Dokter Wayan orang baik, beliau tipenya sangat sederhana sekali, tidak seperti penilaian orang yang identik dengan kemewahan, hanya memang orangnya pemalu, bukan tidak mau bergaul tapi beliau memang lebih suka dirumah. Kita berdoa saja rumahnya kita bersihkan mungkin nanti beliau bisa kembali ke sini," ujar Kade saat ditemui di kediaman dokter Wayan, Kampung Pasirwaru, Desa Karanganyar, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, pada Rabu (3/5/2023).

Meskipun rumahnya yang berantakan sudah ditawarkan untuk dibersihkan oleh warga sekitar, namun dokter Wayan enggan merepotkan orang lain dan lebih memilih untuk menjaga jarak. Namun, Kade selalu memahami kondisi dokter Wayan dan selalu berusaha membantunya dengan caranya sendiri.

Kade yang merasa sebagai satu-satunya orang yang paling memahami kondisi dokter Wayan, sering mengunjungi rumahnya dan mengirimkan makanan untuk dokter Wayan. Meskipun dokter Wayan awalnya menolak, namun Kade selalu memaksa agar dokter Wayan menerima bantuannya.

Amin, seorang aparat desa setempat, juga mengungkapkan bahwa dokter Wayan cenderung tertutup dan sulit menerima bantuan. Namun, Amin mengakui bahwa dokter Wayan selalu siap membantu orang lain yang membutuhkan.

"Saya memang kurang tahu banyak, tapi setidaknya tahu sifat beliau itu cenderung lebih suka sendiri. Itu sebabnya saya juga tak terlalu berani mendekati kecuali sedang butuh ada warga yang perlu berobat," ucap Amin.

Latar belakang dokter Wayan sendiri belum terlalu banyak diketahui. Hanya sedikit yang diketahui bahwa dokter Wayan sudah dua kali berumah tangga namun harus kandas di tengah jalan.

(br/detik)

Lebih baru Lebih lama