Persiapan Gapeka 2023, PT KAI DAOP 2 Inspeksi Lintasan Bandung-Purwakarta

Inspeksi lintas Bandung-Purwakarta menjelang penerapan Gapeka 2023 oleh Daop 2. ANTARA/HO-Daop 2

Beropini.id - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 2 Bandung sedang melakukan pemeriksaan menyeluruh pada lintasan dari Stasiun Bandung hingga Purwakarta menjelang diberlakukannya Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2023 pada 1 Juni mendatang.

"Inspeksi (pemeriksaan lintasan) dilakukan untuk memastikan kesiapan seluruh lintas saat diberlakukannya Gapeka 2023," kata Manajer Angkutan Penumpang Daop 2 Bandung, Moch Aji Dwi Hariyono, di Purwakarta, dilansir dari antaranews Selasa 30/05/2023.

Pemeriksaan ini difokuskan pada kesiapan sarana dan prasarana, fasilitas stasiun, persiapan sumber daya manusia, serta berbagai aspek pendukung lainnya.

Selama kegiatan pemeriksaan ini, tim Daop 2 juga memberikan pembinaan kepada seluruh staf yang bekerja di jalur tersebut agar tetap waspada dan mempersiapkan segala aspek terkait operasional kereta api dan pendukungnya dengan sebaik-baiknya, terutama dalam masa transisi dari Gapeka 2021 menjadi Gapeka 2023.

Aji menjelaskan bahwa pemberlakuan Gapeka 2023 akan berdampak pada efisiensi waktu perjalanan kereta api. Oleh karena itu, jadwal keberangkatan dan kedatangan kereta api juga akan mengalami perubahan.

"Perubahan ini yang harus dipersiapkan dan diantisipasi dengan baik oleh seluruh insan KAI Daop 2 Bandung," katanya.

Menurutnya, Gapeka 2023 akan memberikan efisiensi waktu perjalanan sebesar 214 menit per hari untuk perjalanan jarak jauh dari wilayah Daop 2 Bandung. Hal ini akan memberikan manfaat besar bagi penumpang yang menggunakan kereta api dalam melakukan perjalanan mereka.

Melalui pemeriksaan lintasan ini, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional 2 Bandung menunjukkan komitmen dan dedikasinya dalam menyediakan pelayanan yang aman, nyaman, dan efisien bagi penumpang kereta api. Dengan persiapan yang matang, diharapkan peralihan ke Gapeka 2023 akan berjalan dengan lancar dan memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi semua penumpang.

(br/antara)


Lebih baru Lebih lama