Perkuat Pendidikan Kewirausahaan di SMK, Bupati Purwakarta Siap Gandeng Dinas Pendidikan Jabar

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika/dok. pemkab purwakarta

Beropini.id - Pendidikan vokasi dan kewirausahaan menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam mengoptimalkan potensi pendidikan SMK yang ada di wilayahnya. Bupati Anne Ratna Mustika menyatakan siap bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dalam upaya pengembangan pendidikan vokasi dan kewirausahaan di SMK Purwakarta.

Meskipun SMK dipersiapkan untuk bekerja, namun Bupati Anne pun meminta sekolah-sekolah SMK ini mengoptimalkan pendidikan wirausaha bagi para siswanya. "Walaupun sebenarnya untuk pendidikan dasar wirausaha ini sudah ada, namun alangkah baiknya diperkuat lagi," katanya.

Menurut Bupati Anne, lulusan-lulusan pendidikan SMK di Purwakarta juga harus diipersiapkan untuk mampu membuka usaha sendiri. Selain bisa membuka lapangan pekerjaan, berwirausaha sendiri juga akan memperkuat ekonomi kerakyatan di masyarakat Purwakarta.

"Jika mereka dapat dipersiapkan membuka dan merintis usaha sendiri, maka bukan tidak mungkin jika pengembangan perekonomian kerakyatan akan bergerak dinamis. Maka 10-20 tahun ke depan perekonomian rakyat Purwakarta akan semakin maju. Bukan sesuatu yang tidak mungkin jika nanti banyak perusahaan besar yang pemiliknya adalah warga Purwakarta yang merintis dari bawah," katanya.

Selain itu, Bupati Anne juga mencontohkan misalnya ada koneksi dan integrasi industri pembuatan pakaian jadi di Purwakarta. 

"Nanti misalnya warga Sukatani, yang buat benangnya, warga Purwakarta Kota buat kancingnya, warga Plered yang jahitnya, warga Jatiluhur distribusinya, dan seterusnya saling terkoneksi atau terintegrasi dengan baik. Dari sana, maka akan terjadi peningkatan dan pemerataan ekonomi antar wilayah bisa terjadi dengan baik," katanya.

Oleh karena itu Bupati Anne berharap momentum Hari Pendidikan Nasional ini dapat digunakan oleh anak-anak sekolah dan pendidik di Purwakarta, untuk mengoptimalkan potensi-potensi yang ada. Tujuannya agar ke depan banyak anak-anak dari Purwakarta yang menjadi para pelaku wirausaha-wirausaha besar di Nusantara ini.

(br/pwk)

Lebih baru Lebih lama