Pembangunan Sempat Terhenti, RSUD Talaga Majalengka Segera Beroperasi

Foto gedung RSUD Talaga Majalengka/suaracirebon

Beropini.id - Warga Kabupaten Majalengka yang tinggal di wilayah selatan dapat bernapas lega karena RSUD Talaga akhirnya mulai memperlihatkan titik terang setelah sempat mengalami kendala pada masa pandemi COVID-19. RSUD Talaga, yang pembangunannya dimulai pada tahun 2020, sempat terhenti karena pandemi. Namun, pada tahun 2023 ini, harapan baru muncul.

Bupati Majalengka, Karna Sobahi, mengungkapkan bahwa RSUD Talaga di Kecamatan Talaga direncanakan akan beroperasi pada Juli 2023 mendatang. Meskipun operasinya masih menunggu izin, geliat aktivitas di RS tersebut sudah mulai diperlihatkan, seperti kegiatan vaksinasi calon jemaah haji.

"Rencananya Juli mulai beroperasi. Kemarin juga (di RSUD Talaga) sudah dimulai dengan kegiatan-kegiatan vaksinasi calon jemaah haji," kata Karna dilansir dari detikJabar, Kamis (4/5/2023).

Pemkab Majalengka saat ini sedang mengupayakan izin operasi agar jadwal pengoperasian RSUD Talaga tidak meleset dari rencana. Izin baru akan turun jika struktur rumah sakitnya sudah ada, seperti Direktur, Subag Umum, Kepegawaian, dan Keuangan.

"Jadi Rumah Sakit Talaga nanti kalau jadi pelantikan Minggu ini akan diisi strukturalnya. Karena ternyata ada peraturan baru, izin itu baru akan turun kalau struktur rumah sakitnya sudah ada. Direkturnya, Subag Umumnya, Kepegawaiannya, Keuangan minimal itu (bisa mendapatkan izin)," ujar dia.

Meski RSUD Talaga belum sepenuhnya selesai, dengan hanya dua gedung dari total target sepuluh gedung, Karna mengakui bahwa pembangunannya baru mencapai sekitar 25 persen. Namun, diharapkan pembangunan RSUD Talaga dapat dilanjutkan oleh bupati selanjutnya.

"Bangunan baru dua gedung. Kita targetnya kan 10 gedung, karena oleh COVID itu kan nggak jalan. Itu kan baru antara 25 persen. Mungkin (pembangunannya) dilanjut nanti oleh bupati selanjutnya nanti," ucap Karna.

Dengan dioperasikannya RSUD Talaga, warga di wilayah selatan Kabupaten Majalengka kini dapat memperoleh layanan kesehatan yang lebih mudah dijangkau. Selain itu, RSUD Talaga juga diharapkan dapat memperkuat sistem kesehatan di wilayah tersebut dan mengurangi beban RSUD di daerah sekitarnya.

(br/detik)

Lebih baru Lebih lama