Nahas, Bus Rombongan Peziarah Masuk Jurang di Guci Tegal

Foto bus masuk jurang di Guci Tegal 7/5/2023 / detik

Beropini.id - Kecelakaan tragis terjadi di kawasan wisata Guci, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, pada Minggu sore, 7 Mei 2023. Bus pariwisata Duta Wisata dengan nomor polisi B 7260 OGA terguling masuk ke sungai, menyebabkan 37 penumpang terluka dan satu orang meninggal dunia.

Menurut Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun, kecelakaan itu terjadi saat kernet menghidupkan bus untuk memanasi mesinnya. Kemudian, 37 penumpang naik ke dalam bus, sementara kernet dan sopir masih berada di luar bus.

"Dari satu bus yang jatuh, 37 (penumpang) sudah masuk. Saat kejadian, (penumpang) lainnya di luar. Untuk jumlah semua rombongan ada 107 (orang), dibagi menjadi dua (bus)," terangnya.

Saat mesinnya dipanasi, bus tiba-tiba melaju dan terguling masuk ke sungai yang berada sekitar lima meter dari bahu jalan. Sebelum masuk ke sungai, bus sempat menabrak talut di badan jalan sebanyak tiga kali.

Korban meninggal dunia atas nama Maja bin Hasyim (65) dari Tangerang Selatan. Sedangkan korban lainnya mengalami luka ringan hingga berat. Mereka segera mendapatkan perawatan di Puskesmas Bumijawa.

Sajarod mengatakan bahwa kronologis dan penyebab kecelakaan masih dalam penyelidikan lebih lanjut. 

"Dari keterangan yang dihimpun, bus tiba-tiba melaju dari atas ke bawah sejauh kurang lebih 100 meter. Sebelum masuk ke sungai, bus sempat menabrak talut di badan jalan sebanyak tiga kali," ungkap dia.

Kejadian ini seharusnya menjadi peringatan bagi semua pihak, terutama pengemudi dan kernet, untuk lebih berhati-hati dan memastikan semua protokol keselamatan terpenuhi sebelum memulai perjalanan.

(br/detik)

Lebih baru Lebih lama