Hari Buruh Internasional, Janji Bupati Purwakarta Perjuangkan Upah Minimum Regional

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika/istimewa

Beropini.id - Dalam Perayaan Hari Buruh Internasional atau May Day 2023, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyampaikan pentingnya peran buruh dalam pembangunan di Indonesia, khususnya di Kabupaten Purwakarta. Menurutnya, buruh perlu menjaga semangat persatuan dan meningkatkan daya kreatif, inovatif, dan produktifitasnya agar dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional.

Sebagai aset yang memiliki peran penting dalam perputaran perekonomian, buruh juga harus tetap produktif dan inovatif. Pemerintah akan berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan hak-hak buruh, seperti kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraannya.

Di Kabupaten Purwakarta, peran buruh sangatlah penting dalam memperkuat dan mempercepat gerak roda pembangunan ekonomi daerah. Pertumbuhan ekonomi yang meningkat dan investasi yang terus berkembang menjadikan Purwakarta sebagai salah satu tujuan investasi terbaik di Indonesia. Oleh karena itu, buruh diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan meningkatkan kompetensi dan memperluas koneksi.

"Pertumbuhan ekonomi Purwakarta meningkat, investasi di juga sama halnya. Jadi kita jangan jadi penonton, harus jadi pelaku. Peluang usaha di Purwakarta sangat terbuka, kebutuhan tenaga kerja atau buruh juga akan meningkat. Persiapkan dari sekarang untuk terus meningkatkan kompetensi dan memperluas koneksi," katanya.

Bupati Anne juga menyinggung tentang Upah Minimum Regional (UMR) Purwakarta yang mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya. Pemkab Purwakarta akan terus berusaha untuk meningkatkan pendapatan para buruh.

"Pemkab Purwakarta akan berusaha keras untuk bisa terus meningkatkan pendapatan para buruh. Untuk UMR Purwakarta  tahun 2023 ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya." katanya. 

Besaran nilai UMR tersebut mengalami penyesuaian sebanyak 6,98 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan merupakan UMR terbesar ke tujuh di Jawa Barat.

Kepada para buruh Purwakarta yang berangkat ke Jakarta dalam peringatan Hari Buruh Internasional, Bupati Anne berpesan untuk menjaga nama baik Purwakarta dan tetap menjaga kondusivitas. 

Semoga dengan semangat persatuan dan upaya yang maksimal dari pemerintah dan buruh, Indonesia dapat terus berkembang dan maju.

(br/tribun)

Lebih baru Lebih lama