Dukung Pengembangan Atlet, Pemkab Purwakarta Renovasi Sejumlah Venue Olahraga

Foto salah satu GOR yang di renovasi/dok.pemkab purwakarta

Beropini.id - Pemerintah Kabupaten Purwakarta sedang melakukan renovasi terhadap sejumlah venue olahraga. Langkah ini dilakukan untuk mendukung pengembangan para atlet agar dapat mencapai prestasi yang lebih tinggi, serta mempersiapkan diri untuk berbagai acara olahraga baik di tingkat daerah, provinsi, maupun nasional.

Bupati Anne Ratna Mustika menjelaskan bahwa ketersediaan fasilitas olahraga yang memadai merupakan salah satu kunci keberhasilan pengembangan olahraga di daerah tersebut.

"Dengan fasilitas olahraga yang baik, memadai, dan modern, maka pembinaan atlet pun dapat berjalan sesuai dengan program yang konsisten sehingga prestasi terbaik atlet pun dapat tercapai," kata Bupati Anne Ratna Mustika, dilansir dari Website Resmi Pemkab Purwakarta, Senin, 29 Mei 2023.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Purwakarta sedang merenovasi Gelanggang Olahraga (GOR) Digjaya yang sebelumnya mengalami kerusakan parah.

Renovasi ini penting dilakukan karena GOR Digjaya merupakan tempat penyelenggaraan berbagai cabang olahraga, seperti bola voli, basket, dan bulu tangkis.

GOR Digjaya juga sering digunakan sebagai tempat pertandingan dan latihan bagi atlet olahraga bela diri, seperti pencak silat, karate, taekwondo, dan lainnya.

Saat ini, proses renovasi GOR Digjaya sudah mencapai 65 persen. Meskipun renovasi masih berlangsung, kemegahan GOR Digjaya sudah mulai terlihat.

"Perbaikan GOR Digjaya harus kita tempuh karena kondisi sebelumnya sangat memprihatinkan. Sangat tidak layak bagi atlet untuk berlatih atau dijadikan arena pertandingan. Perbaikan venue olahraga harus menjadi perhatian serius jika ingin meningkatkan prestasi olahraga kita," kata Bupati Anne.

Sebelumnya, pada tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Purwakarta juga melakukan renovasi besar-besaran terhadap Stadion Purnawarman. Renovasi stadion yang merupakan stadion terbesar dan menjadi kebanggaan masyarakat Purwakarta tersebut menghabiskan biaya miliaran rupiah.

Setelah mengalami renovasi total, Stadion Purnawarman tampak lebih megah daripada sebelumnya. Peresmian stadion ini dilakukan bersamaan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) pada 9 September 2021.

Pembangunan kembali Stadion Purnawarman sangat penting untuk memfasilitasi dua cabang olahraga yang sangat populer dan digemari oleh masyarakat, yaitu sepak bola dan atletik.

"Fasilitas olahraga yang semakin baik, memadai, dan modern juga dapat mempengaruhi masyarakat untuk berpartisipasi dalam olahraga. Semakin baik sebuah fasilitas olahraga maka semakin tinggi pula minat masyarakat untuk berpartisipasi. Dari sana kita harapkan akan lahir atlet-atlet Purwakarta yang berprestasi," kata Bupati perempuan pertama di Purwakarta tersebut.

Selain melakukan renovasi terhadap sejumlah venue olahraga, Pemerintah Kabupaten Purwakarta bekerja sama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Jawa Barat dalam merencanakan pembangunan sirkuit olahraga otomotif.

Bahkan, pada tanggal 22 Februari yang lalu, Ketua IMI Provinsi Jawa Barat, Daniel Mutaqien Syafiuddin, bertemu dengan Bupati Purwakarta untuk merencanakan pembangunan sirkuit olahraga bermotor tersebut.

"Kita terus berkomunikasi intensif dengan Pak Daniel dan jajaran IMI Jabar untuk mematangkan rencana pembangunan sirkuit olahraga otomotif tersebut. Mudah-mudahan kerja sama yang baik ini akan membawa iklim olahraga di Purwakarta lebih bergairah," ungkap Bupati Anne.

Sebagai tindakan nyata dalam pembangunan sirkuit tersebut, Pemerintah Kabupaten Purwakarta telah menyiapkan lokasi di Desa Cilangkap, Kecamatan Babakan Cikao.

"Pembangunan sirkuit akan berlokasi di Desa Cilangkap, Kecamatan Babakan Cikao. Sirkuit itu nantinya akan menjadi wahana produktif bagi pecinta otomotif di Purwakarta. Dengan adanya sirkuit, ia juga berharap tidak ada lagi balapan liar di jalanan yang dapat menggangu ketertiban umum," kata Bupati Anne.

(br/pwk)

Lebih baru Lebih lama