Disebut Perbaikan Jalan Karena Kunjungan Jokowi, Pemprov Lampung Buka Suara

Sekda Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto/istimewa

Beropini.id - Pemprov Lampung membantah bahwa perbaikan jalan yang rusak parah tidak dilakukan karena kunjungan Presiden Jokowi pada Jumat (5/5/2023) mendatang. Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, yang menyatakan bahwa saat ini pemerintah Provinsi Lampung tengah menyusun usulan percepatan peningkatan konektivitas jalan daerah ke pemerintah pusat.

Menurut Fahrizal, usulan tersebut akan didiskusikan dengan Kementerian karena harus disesuaikan dengan jumlah anggaran yang tersedia. Dia juga menjelaskan bahwa Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2023 memiliki berbagai tujuan manfaat, seperti mendorong perekonomian nasional dan daerah, menurunkan biaya logistik nasional, menghubungkan dan mengintegrasikan dengan sentra-sentra ekonomi, serta membantu pemerataan kondisi jalan yang mantap.

"Sudah tentu melalui Inpres ini pak Presiden ingin memberikan manfaat maksimal dalam mendorong perekonomian nasional maupun daerah. Menurunkan biaya logistik nasional, menghubungkan dan mengintegrasikan dengan sentra-sentra ekonomi, dan membantu pemerataan kondisi jalan yang mantap, sebagai upaya mendukung pencapaian target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024," ungkap Fahrizal Darminto.

Fahrizal mengungkapkan bahwa tindak lanjut dari Inpres tersebut saat ini telah disusun daftar isian pelaksanaan anggarannya, salah satunya yang diajukan adalah jalan terusan Ryacudu sebesar Rp 69 miliar. Namun, dia belum bisa memberikan keterangan secara rinci mengenai daftar ruas jalan mana saja yang diajukan ke pusat melalui Inpres tersebut.

Fahrizal juga menjelaskan bahwa dalam Inpres tersebut, seluruh pemerintah daerah, melalui gubernur, bupati/wali kota, diinstruksikan untuk menyediakan dukungan program dan anggaran dalam rangka menyiapkan dokumen kesiapan pelaksanaan kegiatan percepatan peningkatan konektivitas jalan daerah. Mereka juga diminta untuk menyusun dokumen perencanaan dan kelengkapan perizinan sesuai dengan kewenangannya untuk kegiatan tersebut.

Di akhir pernyataannya, Fahrizal menekankan bahwa pemerintah daerah juga harus menyediakan dukungan lahan siap bangun dalam rangka pelaksanaan kegiatan percepatan peningkatan konektivitas jalan daerah. Dengan demikian, perbaikan jalan yang dilakukan oleh Pemprov Lampung bukanlah semata-mata untuk menyambut kunjungan Presiden Jokowi, melainkan bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan konektivitas jalan daerah untuk mendukung perekonomian nasional dan daerah.

(br/beritasatu)

Lebih baru Lebih lama