Cari Bakat Terpendam, Relawan GMP Selenggarakan Turnamen Bola Voli di Purwakarta

Turnamen bola voli antarkampung digelar di Desa Sekambang, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Minggu (21/5/2023) sebagai bagian dari upaya mencari potensi bakat terpendam. 

Beropini.id - Desa Sekambang di Kabupaten Purwakarta menjadi saksi gelaran turnamen bola voli antarkampung yang berlangsung pada Minggu (21/5/2023). Turnamen ini tidak sekadar ajang silaturahmi, tetapi juga upaya mencari bakat-bakat olahraga yang terpendam.

Inisiatif turnamen ini datang dari Ganjar Muda Padjajaran (GMP) kerjasama dengan puluhan warga setempat, turnamen ini diikuti oleh enam kampung yang berada di Kecamatan Wanayasa.

Turnamen menggunakan format pertandingan setengah kompetisi, di mana tim-tim bertemu dan tim dengan perolehan poin terbanyak akan menjadi juara. Antusiasme peserta dan penonton sangat tinggi selama turnamen yang berlangsung sepanjang hari.

Muhammad Adam Hidayat, Koordinator Daerah (Korda) GMP Kabupaten Purwakarta, menjelaskan bahwa tujuan utama turnamen ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi antara warga desa dan juga untuk menemukan bakat-bakat olahraga yang belum terungkap.

“Tapi selain silaturahmi juga kami menggalakkan kompetisi ini untuk menggali potensi atau bakat atlet di desa yang selama ini kurang terekspose,” ujarnya, dilansir dari tribunnews, Minggu (21/5/2023).

Adam juga menyebutkan bahwa sebelum turnamen dilaksanakan, pihaknya telah berkoordinasi dan berdiskusi dengan tokoh masyarakat setempat untuk mengetahui kebutuhan pembangunan di desa tersebut. Renovasi lapangan bola voli dan bantuan peralatan voli adalah beberapa hasil dari diskusi tersebut, yang diinisiasi oleh karang taruna.

Selain mencari bakat-bakat olahraga, turnamen ini juga diadakan dalam momentum euforia SEA Games 2023 di Kamboja dan bertujuan untuk membangkitkan semangat olahraga di desa.

Adam berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan di kecamatan-kecamatan lain di Kabupaten Purwakarta. Bahkan, ia memiliki cita-cita untuk mengadakan acara olahraga multievent yang melibatkan seluruh kecamatan dalam skala yang lebih besar.

"Kami berharap sih bikin kegiatan semacam multievent yang mempertemukan kecamatan-kecamatan di seluruh Kabupaten Purwakarta, kayak semacam Pekan Olahraga Nasional tapi skala kecamatan oleh Ganjar Muda Padjajaran," jelasnya.

Sebagai apresiasi, Ganjar Muda Padjajaran memberikan hadiah kepada tim yang meraih posisi pertama dan kedua dalam turnamen ini. Selain itu, hadiah juga diberikan kepada pendukung terbaik yang memberikan dukungan sepanjang turnamen.

(br/tribun)


Lebih baru Lebih lama