Beberapa Kepala Daerah di Jabar akan Habis Masa Jabatan pada 2023, Ini Daftarnya!

Asisten Daerah (Asda) Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Jabar, Dedi Supandi./ayobandung

Beropini.id - Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan 15 kepala daerah di Jawa Barat akan segera mengakhiri masa jabatannya pada September 2023. Menurut Asisten Daerah Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Jabar, Dedi Supandi, beberapa kabupaten dan kota tersebut akan memiliki Pejabat Sementara (Pj) Bupati.

"Kabupaten dan kota itu 15 ada yang selesai bulan Mei satu orang, September ada lima orang, bulan Oktober satu orang, November satu orang, dan Desember 6 orang dan kalau ditotal dengan provinsi 16 karena provinsi di bulan September selesai," ujar Dedi, dilansir dari Republika, Jumat (19/5/2023). 

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mengusulkan tiga nama kepada Kementerian Dalam Negeri sebagai calon Pj kabupaten dan kota. Namun, keputusan akhir tetap berada di tangan pemerintah pusat.

Masa jabatan Kabupaten Bekasi akan berakhir pada bulan Mei 2023. Pemerintah Provinsi Jabar telah mengusulkan tiga nama calon Pj kepada Kementerian Dalam Negeri, namun hasilnya belum diumumkan.

Kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada bulan September 2023 akan diusulkan pada bulan Agustus oleh DPRD Jabar. Penggantian Gubernur juga akan dilakukan oleh DPRD Jabar.

"Usulannya DPRD Jabar sama aja tiga nama nanti caranya pola rapat konsultasi pimpinan dan menyerap dari praksi praksi kira-kira tiga nama siapa bisa ke DPRD. Kalau berakhir September, data dari kementrian," kata Dedi seraya mengatakan Juni ini sudah ada pengajuan karena proses tidak hanya satu.

Berikut adalah daftar 16 kepala daerah di Jawa Barat yang masa jabatannya akan berakhir:

  1. Kabupaten Bekasi - Selasa, 23 Mei 2023
  2. Kota Cimahi - Minggu, 22 Oktober 2023
  3. Kota Tasikmalaya - Selasa, 14 November 2023
  4. Gubernur Jawa Barat - Selasa, 5 September 2023
  5. Kota Bekasi, Kota Bandung, Kota Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Purwakarta - Rabu, 20 September 2023
  6. Kota Banjar dan Kabupaten Kuningan - Senin, 4 Desember 2023
  7. Kota Cirebon - Selasa, 12 Desember 2023
  8. Kabupaten Subang dan Kabupaten Majalengka - Selasa, 19 Desember 2023
  9. Kabupaten Bogor - Sabtu, 30 Desember 2023
(br/republika)

Lebih baru Lebih lama