Urai Kemacetan Cipali, Polres Purwakarta Turunkan 80 Personel Tambahan

Foto ilustrasi gerbang tol Kahuripan Utama Cikampek/sindonews

Beropini.id - Momen Lebaran 2023 akan segera tiba, dimana tradisi mudik menjadi salah satu momen yang sangat dinantikan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Namun, kepadatan lalu lintas yang tinggi dan padatnya jalan raya seringkali menjadi kendala dalam perjalanan mereka. 

Oleh karena itu, Polres Purwakarta mengambil langkah strategis untuk meminimalisir kemacetan pada momen tersebut.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain mengumumkan bahwa akan diturunkan personel tambahan sebanyak 80 orang untuk pengamanan di jalan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dari KM 72 hingga KM 82. Tidak hanya itu, polres juga menambah 22 unit kendaraan sweeper untuk membersihkan kendaraan yang berhenti di bahu jalan tol.

Menurut Edwar, titik kemacetan di Tol Cipali sering terjadi di rest area KM 81A dan KM 81B yang terletak di wilayah Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta. Oleh karena itu, para petugas akan memfokuskan diri pada pengamanan di titik tersebut dan akan membuat pagar betis di bahu jalan ketika volume kendaraan mulai meningkat.

Sebelumnya, Polres Purwakarta telah menurunkan 470 personil untuk ditempatkan di Pos Terpadu, Pos Pelayanan dan Pos pengamanan. Dengan ditambahnya personel sebanyak 80 orang ini, diharapkan dapat membantu meminimalisir titik rawan kemacetan yang selama ini menjadi kendala utama dalam perjalanan mudik.

Dalam upayanya untuk memberikan pelayanan yang terbaik, polres juga menambah kendaraan sweeper untuk membersihkan kendaraan yang berhenti di bahu jalan tol. Ada 14 unit Ranmor Lantas dan 8 unit Ranmor Samapta yang siap membersihkan jalur tol agar tidak terjadi kemacetan akibat kendaraan yang mogok atau rusak di bahu jalan.

Diharapkan dengan peningkatan pengamanan dan adanya kendaraan sweeper, masyarakat yang merayakan Lebaran di kampung halaman bisa merasakan perjalanan yang aman dan lancar. Polres Purwakarta berharap momen Lebaran 2023 menjadi momen yang membahagiakan dan penuh dengan keceriaan.

(br/tribun)

Lebih baru Lebih lama