Terkait Kasus Rudapaksa ODGJ oleh Petugas Dinsos, DPRD Karawang Minta Kadinsos Segera Didefinitifkan

Anggota DPRD Kab. Karawang Indriyani/istimewa

Beropini.id - Kasus pelecehan seksual oleh oknum petugas Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Dinas Sosial Kabupaten Karawang terhadap seorang perempuan yang diduga ODGJ telah mengejutkan masyarakat. 

DPRD Kabupaten Karawang pun angkat suara dan meminta bupati segera mendefinitifkan Kepala Dinas Sosial dan mengevaluasi para pekerja sosial di sana.

Menurut Indriyani, anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Karawang, kasus ini seharusnya tidak terjadi jika Dinsos bisa menjaga warga yang ditampung sementara dengan baik. Ia juga menyayangkan adanya penampungan PMKS seperti anak jalanan atau ODGJ di kantor dinas, padahal Pemkab Karawang sudah bekerjasama dengan yayasan di Batujaya yang menerima ODGJ dan setiap tahun digelontorkan anggaran untuk yayasan-yayasan swasta yang bekerjasama dengan Pemkab Karawang untuk penanganan PMKS.

“Saya sangat kecewa dengan Dinsos tidak bisa menjaga dengan baik warga yang ditampung sementara di kantor dinas,padahal kita punya rumah singgah kenapa ditransit di kantor dinas?” tanya Indri.

Indriyani menambahkan bahwa ia pernah merekomendasikan di sidang paripurna bahwa kepala Dinsos harus segera ditetapkan definitif dan harus ada perombakan di kabid-kabidnya. Rekrutmen pekerja sosialnya pun harus dilakukan secara sangat selektif.

Sementara itu, kasus pelecehan seksual ODGJ tersebut sudah ditangani oleh penegak hukum kepolisian, namun DPRD Kabupaten Karawang berharap kasus ini menjadi kejadian terakhir yang terjadi di kantor dinas. 

Masyarakat pun berharap agar kasus seperti ini tidak terulang di masa yang akan datang, dan perlunya tindakan tegas dari pihak yang berwenang untuk memastikan keamanan dan kesejahteraan PMKS di Kabupaten Karawang.

(br/pojoksatu)

Lebih baru Lebih lama