SMRC Rilis Survei Pilpres Terbaru, Ganjar dan Prabowo Bersaing Ketat

Direktur Riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Deni Irvani/kompas

Beropini.id - Menjelang pemilihan presiden (pilpres) yang akan datang, survei terbaru dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) memperlihatkan bahwa dukungan publik terhadap Ganjar Pranowo menguat kembali setelah mengalami penurunan pascadibatalkannya Piala Dunia U-20 di Indonesia. 

Dalam survei tersebut, Ganjar berhasil mendapatkan dukungan sebesar 16,5 persen dalam simulasi top of mind, yang membuatnya menempati urutan pertama dengan selisih tipis 0,2 persen dari Prabowo Subianto.

"Dalam keseluruhan, suara Ganjar yang sempat turun mulai kembali menguat. Dukungan publik pada Ganjar mulai pulih," ujar Direktur Riset SMRC, Deni Irvani.

Deni menjelaskan bahwa dalam simulasi top of mind, Ganjar berhasil mendapatkan dukungan sebesar 16,5 persen, angka yang sangat dekat dengan perolehan suara Prabowo yang memperoleh 16,3 persen. Sedangkan Anies Baswedan menempati urutan ketiga dengan dukungan sebesar 9,8 persen, disusul oleh Joko Widodo dengan 9,2 persen, Ridwan Kamil dengan 1,6 persen, dan nama-nama lain di bawah 1 persen. Namun, masih terdapat 42,2 persen responden yang belum memberikan jawaban.

Deni juga menjelaskan bahwa terjadi peningkatan dukungan bagi Ganjar Pranowo dari 13 persen pada pekan pertama April 2023 menjadi 16,5 persen pada pekan kedua April 2023. Sementara itu, Prabowo Subianto mengalami penurunan dukungan dari 18,3 persen menjadi 16,3 persen di periode yang sama. Sedangkan dukungan untuk Anies Baswedan cenderung stagnan, dengan perolehan suara yang bergerak dari 10,7 persen menjadi 9,8 persen.

Dalam format semi terbuka dengan daftar 30 nama dan kesempatan bagi responden untuk menyebutkan nama lain di luar daftar tersebut, dukungan terhadap Ganjar Pranowo semakin besar, mencapai 24,3 persen. Prabowo Subianto mencatatkan dukungan sebesar 22,5 persen, Anies Baswedan 15 persen, Ridwan Kamil 6,8 persen, Erick Thohir 2,8 persen, dan Mahfud MD 2,8 persen. Namun, masih terdapat 14,6 persen responden yang belum memberikan jawaban.

Dalam simulasi dengan enam nama, Ganjar Pranowo tetap memimpin dengan perolehan suara sebesar 26,8 persen, diikuti oleh Prabowo Subianto dengan 25,4 persen, Anies Baswedan 16,7 persen, Ridwan Kamil 13,8 persen, Mahfud MD 4,1 persen, dan Agus Harimurti Yudhoyono 2,1 persen.

(br/republika)

Lebih baru Lebih lama