Sambut Idul Fitri 1444H, Pemkab Purwakarta akan Kembali Selenggarakan Festival Dulag

Foto ilustrasi festival dulag/min

Beropini.id - Pemkab Purwakarta siap menggelar kembali Festival Dulag dalam rangka merayakan Idul Fitri Ramadhan 1444 H. Festival ini akan diadakan pada malam takbiran di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Setiap tahun, Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta selalu mengadakan perayaan Idul Fitri Ramadhan. Dan pada tahun ini, Festival Dulag akan dihadirkan untuk meramaikan malam takbiran.

Para peserta Festival Dulag akan terdiri dari jajaran perangkat daerah dan kecamatan di seluruh Kabupaten Purwakarta. Kegiatan ini diharapkan dapat memeriahkan malam takbiran dan juga memberikan kesempatan kepada para pegawai untuk menunjukkan kemampuan dan potensi mereka.

Menurut Kabid Kebudayaan Disporaparbud Purwakarta, Wawan Supriatna, Festival Dulag akan diadakan hanya di satu tempat, yaitu di sepanjang jalan KK Singawinata atau jalur Wisata Kuliner. Para peserta akan dinilai dalam beberapa kategori, seperti kostum, nadom, dan menabuh.

Tim juri akan menilai para peserta selama 3 menit, sehingga para peserta harus mempersiapkan pukulan yang serasi, dekorasi yang indah, dan pakaian yang seragam. Festival Dulag sendiri merupakan bagian dari tradisi yang tak terpisahkan dalam menyambut lebaran.

Wawan berharap, dengan diadakannya Festival Dulag ini, akan dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta nilai-nilai yang terkandung dalam bulan Ramadhan dapat terus dijaga dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

(br/pr)

Lebih baru Lebih lama