Resmi! PDIP Tunjuk Ganjar Pranowo jadi Calon Presiden 2024

Foto: Saat Jokowi dan Megawati Salam Metal Usai Umumkan Ganjar Pranowo Capres (dok Istimewa)

Beropini.id - Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, pada hari Jumat (21/4/2023) mengumumkan siapa calon presiden (capres) dari partainya untuk Pemilu 2024. Dalam sebuah acara di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Megawati mengumumkan bahwa Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, akan diusung sebagai capres dari PDIP.

Dalam pengumuman tersebut, Megawati didampingi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo, dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Sebelumnya, PDIP telah menyelesaikan pembahasan terkait calon presiden yang akan diusung pada Pemilu 2024.

Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, meminta seluruh anggota dan kader partai untuk menyikapi dengan bijak terhadap berbagai isu capres dan cawapres sebagai bagian dari dinamika politik nasional. Hasto juga menegaskan bahwa keputusan capres PDIP akan diumumkan oleh Megawati pada momentum yang tepat setelah mempertimbangkan berbagai kriteria kepemimpinan dan berkomunikasi transendental dengan Yang Maha Kuasa.

Megawati menjelaskan bahwa keputusannya didasarkan pada berbagai pertimbangan, baik itu terkait dinamika dunia maupun nasional (world view, national view, dan society view). Keputusan tersebut juga dipertimbangkan dengan refleksi dan doa serta berkomunikasi transendental dengan Yang Maha Kuasa.

Pengumuman Ganjar Pranowo sebagai capres dari PDIP tentu saja menjadi sorotan publik. Sebagai seorang Gubernur Jawa Tengah yang terkenal dengan kebijakan-kebijakan pro-rakyatnya, Ganjar Pranowo diharapkan mampu menghadirkan program-program unggulan untuk memajukan Indonesia. Namun, masih perlu ditunggu bagaimana nantinya PDIP akan melancarkan strategi kampanyenya untuk menggaet suara masyarakat.

(br/detik)

Lebih baru Lebih lama