Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jabar Siapkan Ribuan Tempat Shalat Idul Fitri

Foto ilustrasi solat idul fitri/kompas

Beropini.id - Pada Jumat, 21 April 2023, umat Muslim Muhammadiyah akan merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 Masehi. Di Jawa Barat, Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah telah menyiapkan ribuan tempat shalat di tingkat Wilayah, daerah, cabang dan ranting Muhammadiyah se-Jawa Barat untuk menyambut hari kemenangan tersebut.

Wakil Ketua PW Muhammadiyah Jawa Barat, Jamjam Erawan, menyatakan bahwa seluruh warga Muhammadiyah siap melaksanakan Shalat Idul Fitri di ribuan tempat yang disiapkan oleh organisasi tersebut. Dia juga menegaskan bahwa Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat merupakan satu kesatuan yang utuh dengan Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan akan selalu mengikuti keputusan yang diambil oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Dalam menentukan 1 Syawal 1444, Muhammadiyah menggunakan metode hisab wujudul hilal dengan perhitungan yang cermat, teliti, dan bertanggung jawab. Berdasarkan metode tersebut, Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Jumat, 21 April 2023. Oleh karena itu, PW Muhammadiyah Jawa Barat telah menyiapkan ribuan tempat shalat untuk memudahkan umat Muslim dalam melaksanakan Shalat Idul Fitri di wilayah Jawa Barat.

Jamjam juga menyampaikan bahwa PW Muhammadiyah Jawa Barat telah berkoordinasi dengan aparat pemerintah setempat sebagai etika dan fatsun pada pemerintah. Hal ini dilakukan karena Muhammadiyah merupakan bagian dari anak bangsa dan memiliki hak untuk dilindungi dan difasilitasi sesuai dengan UUD 45 pasal 29 dan Pancasila sila Pertama.

Meskipun ada kemungkinan perbedaan antara utusan ijtihad Muhammadiyah dengan pemerintah dan atau dengan sebagian umat Islam yang lain karena metode yang berbeda yang digunakan, Jamjam memastikan bahwa perbedaan Idul Fitri ini bukanlah kejadian baru. Perbedaan ini sudah terjadi beberapa kali dan selalu berjalan dengan baik, harmonis, dan menggembirakan. Jamjam mengajak semua umat Muslim untuk saling menghormati, menghargai, dan memuliakan hasil ijtihad masing-masing.

Sebagai pusat perayaan, aktivis dan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat akan berkumpul di Lapangan Lodaya, Kota Bandung. Semoga perayaan Idul Fitri tahun ini dapat berjalan dengan sukses, damai, dan penuh keberkahan. Selamat Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 Masehi untuk seluruh umat Muslim di seluruh dunia!

(br/republika)

Lebih baru Lebih lama