Kendalikan Laju Inflasi Pangan, Bupati Purwakarta Siap Bersinergi dengan Pihak-pihak Terkait

Foto Dok Pemkab Purwakarta

Beropini.id - Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, memberikan pernyataan bahwa dia akan melakukan segala upaya untuk mengendalikan tingkat inflasi di daerah tersebut. Salah satu strategi yang akan dilakukan adalah dengan membangun sinergi bersama dengan pihak terkait untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan.

Langkah pengendalian inflasi di Purwakarta merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo dan Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto. Tujuannya adalah untuk mendukung kebijakan pemerintah guna menjaga ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat, serta mendukung kelancaran distribusi serta stabilitas perekonomian di daerah.

Bupati Anne menjelaskan bahwa sinergi bersama dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pada GNPIP memberikan sejumlah hal yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah untuk mengendalikan inflasi. Salah satunya adalah turun ke pasar dan sentra produksi guna memastikan kecukupan stok dan ketersediaan barang kebutuhan pokok yang terjangkau bagi masyarakat.

Pencanangan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Purwakarta diresmikan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, jajaran Komisi XI DPR RI, Ketua DPRD, Forkopimda Jabar, dan sejumlah kepala daerah lainnya.

Operasi pasar merupakan langkah penting dalam pengendalian inflasi di daerah. Hal ini dilakukan untuk memastikan adanya akses pangan murah bagi masyarakat. Selain itu, Bupati Anne juga menekankan pentingnya mengoptimalkan APBD dan mengawal kelancaran distribusi barang kebutuhan pokok ke pasar-pasar rakyat di setiap wilayah.

Bupati Anne menjelaskan bahwa upaya mengendalikan inflasi di daerah merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI pada rapat koordinasi nasional pengendalian inflasi. Tujuannya adalah untuk mendukung kebijakan pemerintah guna menjaga ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat, serta mendukung kelancaran distribusi serta stabilitas perekonomian di daerah.

Bupati Anne juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pengendalian inflasi di Kabupaten Purwakarta. Dia juga menegaskan bahwa jajaran Pemerintah Daerah yang dipimpinnya akan terus melakukan inovasi untuk mengakselerasi pelaksanaan pengendalian inflasi melalui kolaborasi dengan seluruh stakeholder terkait.

Jajarannya juga akan fokus terhadap peningkatan peringatan dini pengendalian inflasi melalui optimalisasi aplikasi pemantauan harga pangan strategis yang tersedia dan dikolaborasikan dengan informasi pendukung lainnya agar mampu dihasilkan kebijakan pengendalian inflasi yang tepat.

(br/pwk)

Lebih baru Lebih lama