Kadeudeuh dari Ridwan Kamil untuk Para Atlet Jabar yang Berprestasi di SEA Games dan Para Games

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengahdiri acara Penyerahan Penghargaan dan Apresiasi Kepada Atlit, Pelatih, Manager dan Official Asal Jawa Barat atas Prestasi di SEA Games ke 31 dan ASEAN Para Games ke 11 di Aula Barat Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (11/4/2023). (Foto: Biro Adpim Jabar).

Beropini.id - Sebagai Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil terus memperlihatkan dukungannya terhadap para atlet dan pelatih yang berprestasi. Pada Selasa (11/4/2023), Emil menyalurkan kadeudeuh secara simbolis bagi para atlet dan pelatih yang berprestasi pada ajang SEA Games Vietnam 2021 dan ASEAN Para Games Solo 2022. Kadeudeuh merupakan bentuk apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jabar terhadap para atlet dan pelatih yang berprestasi pada ajang olahraga internasional tersebut.

Total kadeudeuh yang disalurkan mencapai Rp 18,905 miliar, yang terbagi untuk 112 atlet dan 26 pelatih SEA Games, dengan nilai total sekitar Rp 8,375 miliar, serta untuk 66 atlet dan tiga pelatih ASEAN Para Games, dengan nilai total uang Rp 8,998 miliar.

Menurut Emil, keberhasilan para atlet dan pelatih ini merupakan prestasi yang luar biasa. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para atlet dan pelatih yang telah berjuang dan memberikan yang terbaik bagi Jawa Barat di ajang SEA Games Vietnam 2021 dan ASEAN Para Games Solo 2022.

Salah satu atlet yang berhasil mendapatkan kadeudeuh adalah Nurmeni, seorang atlet dayung asal Kota Bekasi. Nurmeni berhasil meraih satu emas dan tiga perak pada ajang SEA Games Vietnam 2021 dari nomor beregu, kano, dan dobel kano jarak 500 meter. Nurmeni menyatakan rasa syukurnya dan berencana memberikan uang kadeudeuh senilai Rp 202 juta tersebut kepada orang tua.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jabar, Asep Sukmana mengatakan bahwa kadeudeuh merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi Jabar untuk para atlet dan pelatih yang berprestasi. Selain itu, ia juga menegaskan bahwa kekuatan Jabar masih 30 persen untuk nasional. Oleh karena itu, ia berharap para atlet Jabar bisa meraih prestasi yang lebih tinggi lagi di masa depan.

Emil pun berharap agar para atlet bisa membawa Jawa Barat kembali menjadi juara umum pada Pekan Olahraga Nasional (PON) dan mencetak hattrick. Untuk itu, upaya pembinaan atlet di Jawa Barat terus diperkuat. 

"Jawa Barat sudah memiliki citra pembinaan olahraga terbaik, hal ini harus terus ditingkatkan," ujarnya.

Dukungan dari pemerintah dan masyarakat menjadi kunci kesuksesan bagi para atlet untuk meraih prestasi di ajang-ajang olahraga internasional. Semoga keberhasilan para atlet dan pelatih Jawa Barat dapat memberikan inspirasi dan semangat bagi generasi muda untuk terus berprestasi dan memajukan dunia olahraga Indonesia.

(br/republika)

Lebih baru Lebih lama