Jelang Mudik Idul Fitri 2023, Presiden Jokowi Minta Tol Fungsional Dimanfaatkan

Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo sepanjang 96,57 kilometer. Jalan tol Solo-Klaten dibuka secara fungsional sepanjang 6 km untuk mudik Lebaran 2023.(Dok. BPJT Kementerian PUPR)

Beropini.id - Presiden Jokowi memerintahkan agar semua jalan tol fungsional dapat dimanfaatkan untuk membantu kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2023. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono di Istana Kepresidenan pada Rabu (12/4/2023).

Pemudik yang akan menggunakan jalan tol fungsional pada arus mudik dan balik Lebaran 2023 tidak perlu membayar. Pasalnya, tol fungsional masih gratis. 

Menurut Menteri Basuki, salah satu contoh jalan tol fungsional yang akan dimanfaatkan adalah Jalan Tol Indralaya-Prabumulih di Sumatera Selatan yang memiliki panjang sekitar 67 kilometer.

Selain itu, Kementerian PUPR juga telah menambahkan berbagai prasarana untuk memperlancar arus mudik dan balik pada Lebaran 2023. Beberapa di antaranya adalah pelebaran jalur di Jalan Tol Jakarta-Cikampek, pelebaran jalur di sekitar rest area Tol Cipali, penambahan luas tempat istirahat di tol, penggunaan Tol Cisumdawu di Jawa Barat, pengurangan hambatan di akses Solo ke Yogyakarta, dan diskon tarif tol oleh Badan Usaha Jalan Tol.

Penggunaan jalan tol fungsional untuk membantu kelancaran arus mudik dan balik pada Lebaran 2023 ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi para pemudik dalam perjalanan mereka. 

Dengan adanya prasarana yang memadai, diharapkan dapat mengurangi kemacetan yang sering terjadi pada saat arus mudik dan balik. Semoga Lebaran tahun ini dapat berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar bagi semua orang.

(br/beritasatu)

Lebih baru Lebih lama