Jelang Idul Fitri 2023, Polres Karawang Pasang Ratusan Warning Light dan CCTV di Jalur Mudik

Polisi Karawang sedang memasang warning light/tabloidnpp

Beropini.id - Menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2023, sejumlah jalan di Karawang mulai dilengkapi dengan berbagai macam alat keamanan dan petunjuk lalu lintas yang tersebar di sepanjang jalur arteri hingga jalan alternatif. 

Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono, mengatakan bahwa pihaknya telah menyelesaikan pemasangan 14 kamera CCTV di berbagai titik dalam kota, termasuk di Tol Jakarta-Cikampek dan tol layang MBZ.

Menurut Wirdhanto, CCTV tersebut akan digunakan untuk memantau situasi arus lalu lintas dan peristiwa yang terjadi di jalur-jalur tersebut. Jika terjadi kepadatan, tim pengurai bisa segera bertindak, begitupun jika terjadi kecelakaan, petugas akan langsung mendatangi dan melakukan tindakan. 

Selain itu, CCTV ini juga dapat diakses langsung oleh masyarakat secara live melalui laman https://www.cctvopsketupatpolreskarawang.com untuk memastikan kelancaran perjalanan mudik.

Kepala Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli (Tujawali) Sat Lantas Polres Karawang, Ipda Bambang, juga menyatakan bahwa pemasangan CCTV dan warning light merupakan inisiatif Kapolres untuk meningkatkan kelancaran operasi ketupat 2023. 

Warning light merupakan lampu isyarat atau petunjuk bagi pengendara saat melintas di malam hari di jalur yang minim penerangan jalan. Sebanyak 100 warning light dipasang di jalur arteri dan jalur alternatif yang dilalui oleh pemudik.

Menurut Bambang, kemungkinan terjadi lonjakan arus mudik pada tanggal 19 Maret. Namun, petugas gabungan telah bersiaga selama sepekan terakhir untuk mengamankan arus mudik dan arus balik. Mereka juga menyiapkan pos-pos pengamanan dan pelayanan di setiap jalur arteri maupun jalur alternatif.

Dengan pemasangan CCTV dan warning light, diharapkan arus mudik dan arus balik di Karawang dapat berjalan dengan lancar dan aman. Dalam rangka mempersiapkan diri dan keluarga dalam perjalanan mudik, pastikan untuk memperhatikan informasi lalu lintas dan mengikuti aturan serta tanda-tanda yang terpasang di sepanjang jalan. Selamat mudik dan selamat sampai tujuan!

(br/detik)

Lebih baru Lebih lama