Jalur Mudik Selatan, Nagreg Bandung Arah Garut Mulai Padat

Arus mudik di Nagreg, Bandung arah Garut macet pada Rabu (19/4/2023) pagi. (FOTO: iNews/MUJIB PRAYITNO)

Beropini.id - Hari ini, Rabu (19/4/2023), jalur selatan Nagreg, Kabupaten Bandung menuju arah Garut dipenuhi oleh ribuan kendaraan yang melaju tersendat-sendat. Kepadatan ini diprediksi akan terus terjadi pada siang, sore, dan malam hari. Arus kendaraan pemudik yang melintasi kawasan Nagreg meningkat sejak Selasa (18/4/2023) malam hingga pagi ini, karena libur bersama yang membuat banyak orang memanfaatkan kesempatan untuk pulang kampung.

Seperti biasanya, sepeda motor dan mobil pribadi menjadi moda transportasi utama yang banyak dipilih oleh para pemudik. Namun, kendaraan umum seperti bus dan mikrobus juga mulai dipenuhi oleh para pemudik yang ingin merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman.

Kepadatan lalu lintas di jalur selatan Nagreg ini menjadi masalah yang cukup serius karena topografi jalannya yang cukup menantang. Jalur ini memiliki turunan, tanjakan, dan tikungan yang membuat para pengemudi harus ekstra hati-hati ketika berkendara. Hal ini menjadi salah satu penyebab kemacetan yang sering terjadi di kawasan Nagreg hingga Jalan Cagak.

Salah satu pemudik, Barno, asal Jakarta mengaku telah menempuh perjalanan selama sepuluh jam untuk sampai di kawasan Nagreg. 

"Saya terjebak macet sejak di Tol Cikampek, Tambun, Bekasi. Terus saya masuk ke jalur arteri dari Tambun sampai Purwakarta," ujarnya.

Untuk mengatasi kemacetan yang terjadi, petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung dan Polresta Bandung melakukan kanalisasi bagi kendaraan roda dua agar tidak bercampur dengan kendaraan roda empat atau lebih. 

Caranya adalah dengan menempatkan traffic cone di lajur paling kiri untuk pengendara motor. Ternyata, tindakan ini cukup efektif dalam mengurai kepadatan lalu lintas dan membuat arus kendaraan kembali bergerak dengan lancar.

Jika kamu juga sedang dalam perjalanan mudik, pastikan kamu selalu memperhatikan keselamatan saat berkendara. Jangan lupa juga untuk mematuhi aturan lalu lintas dan mengikuti petunjuk dari petugas keamanan yang bertugas di jalur selatan Nagreg ini. Selamat sampai tujuan!

(br/inews)

Lebih baru Lebih lama