Ikuti Arahan Presiden, Ridwan Kamil Tidak Akan Gelar Open House Lebaran 2023

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berada di Masjid Raya Al Jabbar/bisnis

Beropini.id - Menjelang hari raya Idul Fitri tahun ini, tidak seperti tahun sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan jajaran pejabat Pemprov Jawa Barat memutuskan untuk tidak menggelar open house, sebuah acara yang biasanya menjadi agenda rutin setiap tahunnya. 

Hal ini dilakukan mengikuti arahan Presiden Jokowi yang ditegaskan melalui Surat Sekretariat Kabinet tertanggal 24 Maret 2022 bernomor R-0055/Seskab/DKK/3/2022 yang diteken Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Barat, Ika Mardiah, mengatakan bahwa open house gubernur, wakil gubernur, dan sekda di Jabar tidak akan ada. Namun, bagi warga yang ingin halal bihalal dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil, mereka bisa memanfaatkan momen sholat Idulfitri yang akan dipusatkan Pemprov Jabar di Masjid Raya Al Jabbar (MRAJ).

Menurut Ika, Gubernur Ridwan Kamil akan berada di Al Jabbar hingga pukul 7 pagi setelah shalat Idul fitri. Pelaksanaan Sholat Idulfitri di MRAJ akan dimulai pukul 06.00-08.00 Wib dan akan dipimpin oleh KH Rif'at Aby Syahid, pengasuh Pesantren Alquran Alfalah 1 Cicalengka, Kabupaten Bandung. Sedangkan untuk khatib adalah Rektor UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung Prof Mahmud.

Ika juga mengimbau masyarakat yang ingin mengikuti sholat Idulfitri di MRAJ untuk membawa alas salat bukan koran, tempat penyimpanan sandal, dan menjaga kebersihan masjid dengan tidak membuang sampah sembarangan. Masyarakat juga diminta mengikuti arahan petugas masjid untuk pengaturan ketertiban parkir kendaraan di kawasan Masjid Raya Al Jabbar dan hadir tepat waktu.

Meskipun tidak ada acara open house, keputusan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini memberikan alternatif baru bagi masyarakat yang ingin berjumpa dengan gubernur dan menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri secara langsung. Selain itu, momen sholat Idul fitri di MRAJ juga menjadi ajang silaturahmi antara gubernur dan masyarakat.

(br/republika)

Lebih baru Lebih lama