Dikabarkan Meninggal Tanpa Busana di Taiwan, Keluarga TKW Asal Subang Melapor ke SBMI

Marlinah, TKW asal Subang yang dikabarkan meninggal di Taiwan/istimewa

Beropini.id - Berita duka datang dari seorang pekerja migran Indonesia (PMI) asal Subang, Jawa Barat yang meninggal secara tidak wajar di kamar kos di Taipei, Taiwan. Marlinah, wanita 29 tahun asal Desa Kosar, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Subang, diduga menjadi korban pembunuhan saat ditemukan terbaring tanpa busana di tempat tidurnya.

"Masalah meninggalnya berdasarkan informasi diduga karena pembunuhan," ujar ayah Marlinah, Narin (55), dilansir dari Tribuncirebon.com.

Keluarga Marlinah yang didampingi oleh pemerintah Desa Kosar, datang ke DPC Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Cabang Indramayu pada hari ini, Jumat (28/4/2023) untuk melaporkan kasus ini. Ayah Marlinah, Narin (55), mengungkapkan bahwa keluarga mendapat kabar dari teman dekat Marlinah pada tanggal 15 April 2023, yang mengabarkan bahwa Marlinah telah meninggal dunia. Namun, teman dekat tersebut menghilang dan tidak bisa dihubungi lagi.

Narin juga mengatakan bahwa nomor kontak Marlinah sudah tidak aktif setelah dikabarkan meninggal dunia. Keluarga khawatir dan meminta bantuan pemerintah desa untuk melapor ke SBMI Indramayu. 

Kabar ini bahkan viral di media sosial dan membuat orang tua Marlinah sangat terpukul. Mereka belum bisa melihat langsung jenazah korban, namun rencananya besok teman-teman sesama TKW di sana dibolehkan untuk melihat jenazah untuk memastikan.

Kabar ini mengundang keprihatinan banyak pihak, terutama mengenai keamanan dan kesejahteraan PMI di luar negeri. 

Pemerintah Indonesia perlu meningkatkan pengawasan dan perlindungan bagi PMI agar dapat terhindar dari berbagai ancaman dan kekerasan yang mungkin terjadi. Semoga kasus ini segera terungkap dan korban bisa mendapatkan keadilan.

(br/tribun)

Lebih baru Lebih lama