Bupati Purwakarta Persilakan Kantor Desa dan Kecamatan jadi Rest Area Darurat Pemudik

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika/istimewa

Beropini.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, Jawa Barat, kembali membantu pemudik dengan menyediakan tempat istirahat sementara selama musim Lebaran. 

Kantor-kantor pemerintahan seperti kantor kecamatan, kantor desa, dan sekolah di sepanjang jalur mudik dapat dimanfaatkan sebagai rest area bagi para pemudik yang memerlukan tempat untuk beristirahat.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, menyatakan bahwa Pemkab siap mendukung pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2023 yang akan dikordinasikan oleh Polres Purwakarta. Hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan dan pengamanan selama momen Lebaran ini.

Lebih lanjut, Bupati mengungkapkan bahwa terdapat ratusan personel atau petugas dari enam perangkat daerah yang disiagakan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan para pemudik. Jumlah tersebut mencakup 207 petugas dari Dinas Perhubungan, 159 personel dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), 22 petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), 25 petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran, 72 orang dari Dinas Kesehatan, dan 21 orang dari Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta.

Bupati juga menambahkan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan pimpinan Polri dan TNI untuk menyukseskan Operasi Ketupat Lodaya 2023.

Sementara itu, Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain, menekankan bahwa Operasi Ketupat Lodaya 2023 melibatkan sekitar 1.200 personel gabungan yang siap beraksi. Salah satu hal yang menjadi perhatian adalah potensi kepadatan arus lalu lintas pemudik. Untuk mengatasi hal ini, semua personel telah disiagakan sejak dini untuk mengurai kepadatan baik di jalur tol maupun jalur arteri.

Dengan adanya bantuan dari Pemkab Purwakarta dan kerja sama antara berbagai pihak, diharapkan musim mudik Lebaran tahun ini dapat berjalan dengan aman, tertib, dan nyaman bagi para pemudik.

(br/republika)


Lebih baru Lebih lama