Bupati Purwakarta Dorong Peningkatan Produksi Ikan Tawar untuk Penuhi Pasar Nasional

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika/dok. Pemkab Purwakarta

Beropini.id - Purwakarta, Kabupaten yang dikenal sebagai daerah penghasil ikan air tawar terbesar di Jawa Barat, terus berupaya meningkatkan produksi perikanannya. Dalam rangka memenuhi pasar ikan nasional yang melimpah dan masih terbuka lebar, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan bahwa sejumlah langkah telah dipersiapkan untuk terus meningkatkan produksi ikan air tawar.

Selain dapat menggerakan perekonomian daerah, pengembangan produksi ikan air tawar juga dapat menjadi salah satu penopang sumber pangan nasional yang berujung pada peningkatan ketahanan pangan nasional.

"Kita ingin mengembalikan Kabupaten Purwakarta sebagai penghasil ikan air tawar utama di Jawa Barat. Sejumlah langkah kita siapkan untuk terus meningkatkan produksi ikan air tawar. Pembinaan dan pelatihan kepada pada petani ikan air tawar akan terus kita kembangkan," kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Jumat 14 April 2023.

Selain itu, konsumsi ikan juga bisa mencegah stunting dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul.

"Konsumsi ikan juga bisa mencegah stunting. Itu akan menghasilan kualitas sumber daya manusia yang unggul," kata Bupati Anne yang oleh masyarakat Purwakarta akrab dipanggil Ambu Anne tersebut.

Pihak Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Purwakarta sangat antusias menjalankan kepercayaan Bupati Anne untuk meningkatkan sektor perikanan air tawar. 

Purwakarta memiliki potensi perikanan yang besar dengan memiliki dua waduk besar dan kolam darat yang tersebar di beberapa kecamatan, seperti Wanayasa, Pondoksalam Kiarapedes dan Pasawahan. Permintaan pasar untuk kebutuhan konsumsi ikan air tawar masih stabil, termasuk saat memasuki bulan Ramadhan seperti sekarang.

Keberhasilan meningkatkan produksi sektor perikanan air tawar di Purwakarta akan makin memperkaya jumlah produk unggulan Purwakarta. 

Hal ini sejalan dengan harapan Bupati Purwakarta yang terus mendorong agar setiap desa di Purwakarta memiliki produk-produk unggulan yang bisa menembus pasar nasional bahkan internasional.

(br/pwk)

Lebih baru Lebih lama