Bupati Purwakarta Dorong Pelaku UMKM Melek Teknologi Demi Perluas Pasar

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika/dok. pemkab purwakarta

Beropini.id - Pemkab Purwakarta terus mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah tersebut agar bisa memanfaatkan teknologi digital untuk memperluas pemasarannya. 

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, mengungkapkan bahwa masih banyak pelaku UMKM yang menerapkan pola-pola pemasaran konvensional, sehingga hanya memiliki basis pasar yang terbatas. Oleh karena itu, upaya dilakukan untuk memberikan pelatihan digitalpreneur kepada para pelaku UMKM baru.

Sebanyak 750 pelaku usaha akan mengikuti program pelatihan ini. Mereka akan dilatih mengenai broadcasting, bisnis e-commerce, digital content, E-learning, dan bisnis afiliasi. 

Dengan pelatihan ini, para pelaku UMKM diharapkan dapat memperluas jaringan pemasarannya. Bupati Purwakarta berharap, produk UMKM lokal dapat naik kelas dan bersaing di pasar global, minimal bisa berkerjasama dengan marketplace yang sudah ada.

Teknologi digital tidak hanya digunakan untuk memperoleh informasi atau sebagai media komunikasi jarak jauh. Lebih dari itu, teknologi digital dapat dimanfaatkan untuk pengembangan ekonomi digital yang dapat menjadi sumber profit utama dalam perekonomian. 

Hal ini menjadi peluang bagi pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi, terutama di sektor UMKM. Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Purwakarta membuka pendaftaran Pendidikan dan pelatihan digitalpreneur bagi pelaku UMKM yang akan dilaksanakan pada 01 Mei hingga 31 Juli 2023 mendatang. 

Program ini akan diikuti oleh 750 pelaku UMKM yang terpilih dari 17 kecamatan di Kabupaten Purwakarta. Program ini diharapkan dapat membantu para pelaku UMKM di Purwakarta untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam bidang digital serta memperluas jangkauan bisnis.

Untuk pendaftaran secara online, bisa mengakses link pada jejaring; https://s.id/reg-digitalpreneur, dengan batas waktu pendaftaran mulai 01 hingga 20 April 2023 mendatang.

(br/pwk)

Lebih baru Lebih lama