Viral Tiktoker Nakes Bandingkan Pasien Umum vs Pasien BPJS, Dihujat Netizen Berujung Permintaan Maaf

Foto: tangkapan layar/twitter

Beropini.id - BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial menjadi trending topic di media sosial pada Sabtu (18/3/2023) setelah viralnya video yang memperlihatkan perbedaan perlakuan antara pasien umum dan BPJS oleh seorang tenaga kesehatan (Nakes).

Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @rintobelike2 dan terdiri dari dua video. Di video pertama, terlihat Nakes berjoget dengan gembira ketika pasien umum masuk, sementara di video kedua, Nakes terlihat bermalas-malasan saat pasien BPJS masuk.

Tidak lama setelah diunggah, video tersebut menjadi viral di media sosial dan menuai berbagai komentar dari netizen. Banyak yang mengutuk tindakan Nakes tersebut karena dianggap tidak profesional dan tidak menghormati pasien, terlebih lagi dalam kondisi pasca pandemi seperti sekarang ini.

"Tidak boleh ada diskriminasi dalam pelayanan pasien. Padahal banyak pasien terbantu karena bpjs ini. Karena penyakit yg dicover bpjs itu sangat buanyak. Iya. Bpjs belum sempurna. Masih perlu banyak perbaikan. Akan tetapi, bpjs sangat bermanfaat. So, Konten begini ga elok," kata dr Tirta di akun Twitternya.

"Salah satu hal yang gw dan teman nakes lain sering lakukan adalah menyarankan menggunakan BPJS dan suruh buat kalo belum punya BPJS, karena biar ga keluar biaya yang besar. Konten seperti ini malah menurunkan kepercayaan terhadap nakes itu sendiri 😓," kata akun @AymanAlatas.

"Yup, banyak juga nakes or temen saya yg dokter sedikit cerita soal ribetnya sop dll. Tapi ga bikin mereka menyepelekan pasien BPJS kok, nah ini nakes kaya gini emg harus dibina sih, dijadiin team medis di area dengan konflik perang misalkan," ujar akun @elektroalone·

"Miris banget lihatnya,pasien BPJS emang seburuk itu ya buat dilayani? Entah kenapa orang-orang yang minim simpati sekolahnya tinggi-tinggi dan sukses," ujar @Minyookngi.

"Kelakuan nakes indo aja begini dan masih nanya kenapa milih berobat ke luar negri? 😂 Gue punya bpjs karna fasilitas kantor, tapi nggak pernah gue pake mending bayar mandiri lebih sat set. Gue dan kesabaran gue yg setipis debu, ktmu nakes begini bisa gue jambak tuh 🤣," ujar @BabyBear614.

Setelah viral dan menerima berbagai hujatan, pemilik akun @rintobelike2 memposting video permintaan maaf bersama seluruh orang yang berada dalam video sebelumnya.

(br/detik)

Lebih baru Lebih lama