Viral Siswa SMP Patungan Beli Sepatu Untuk Temannya di Tasikmalaya Hingga Kang Emil Ajak Bertemu

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil/detik

Beropini.id - Siswa-siswa SMP di Kota Tasikmalaya membuat kejutan dengan aksi baik mereka. Video yang menunjukkan sekelompok pelajar kelas 8B SMP Negeri 3 Kota Tasikmalaya patungan membeli sepatu untuk temannya yang sudah rusak berat dan tidak mampu, telah menjadi viral di media sosial. Aksi positif ini berhasil menarik perhatian Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang mengundang para pelajar tersebut untuk bertemu dengannya.

"Selamat ya anak-anakku sayang, kamu semua adalah teladan, melawan viralnya berita bully, viralnya tawuran, viralnya hilang etika dll. Kapan-kapan kita ketemuan," tulis Kang Emil di akun Instagram pribadinya @ridwankamil.

Gubernur Jawa Barat juga mengungkapkan kebanggaannya terhadap aksi para pelajar SMP di Kota Tasikmalaya ini, dan menyebutnya sebagai contoh yang patut ditiru oleh pelajar-pelajar lain di Jawa Barat.

"EMPATI ADALAH NILAI HIDUP KITA. Seperti yang dicontohkan oleh anak-anak SMP di Tasikmalaya, yang patungan membelikan sepatu untuk temannya yang sudah rusak berat dan tidak mampu," ujarnya.

Video ini menjadi viral setelah diunggah oleh akun Twitter @tukangsayatkulit. Dalam video berdurasi 27 detik itu, sejumlah pelajar kelas 8B SMP Negeri 3 Kota Tasikmalaya terlihat membelikan sepatu untuk temannya. Ekspresi kegirangan dari siswa yang dibelikan sepatu itu sukses menyentuh hati warganet sehingga membuat video ini cukup viral.

Menurut Raisya, salah satu pelajar kelas 8B SMPN 3 Kota Tasikmlaaya yang terlibat dalam aksi tersebut, awalnya temannya yang cowok melaporkan bahwa ada teman mereka yang sepatunya sudah bolong. Kemudian dia mengajak patungan untuk membelikan sepatu baru. Akhirnya, uang sejumlah Rp 217 ribu terkumpul dan mereka membeli sepatu via toko online.

Raisya menjelaskan bahwa motivasi patungan membelikan sepatu untuk teman didorong oleh rasa solidaritas. Mereka tidak mengetahui mengenai kondisi ekonomi keluarga temannya itu. Mereka hanya terdorong karena melihat temannya itu memakai sepatu jebol sudah lama. "Kalau itu tidak tahu, kita hanya ingin membantu saja," kata Raisya.

Aksi baik para pelajar SMP di Kota Tasikmalaya ini patut diapresiasi dan menjadi inspirasi bagi pelajar-pelajar lain untuk melakukan hal yang positif dan memberikan dampak baik bagi lingkungan sekitar.

(br/detik)

Lebih baru Lebih lama