Temuan Terbaru, Arkeolog Tegaskan Bahwa Situs Gunung Padang Cianjur adalah Piramida

Situs Gunung Padang Cianjur/liputan6

Beropini.id - Situs Gunung Padang di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, telah menjadi pusat perhatian para arkeolog dan peneliti selama beberapa tahun terakhir. Situs ini terletak di ketinggian 885 meter di atas permukaan laut dan dianggap sebagai salah satu situs prasejarah terbesar dan terpenting di Indonesia.

Ali Akbar, seorang arkeolog dan anggota Tim Terpadu Riset Mandiri Gunung Padang, menjelaskan bahwa situs ini sebenarnya merupakan piramida dengan bentuk susunan batu berundak. 

Meskipun ada yang tidak ingin menyebutnya sebagai piramida, karena fungsi situs ini berbeda dengan Piramida Mesir yang biasanya digunakan sebagai makam, namun secara internasional, situs Gunung Padang tetap dianggap sebagai piramida.

Menurut Ali, situs Gunung Padang adalah bukti kemajuan ilmu pengetahuan dan peradaban di masa lalu. Arsitektur dan tata letaknya penuh dengan perhitungan yang luar biasa. 

Dari hasil ekskavasi awal, ditemukan bahwa di bawah bangunan yang saat ini nampak di permukaan, masih ada struktur bangunan lainnya.

Ali berharap pemerintah dapat melakukan ekskavasi lebih dalam di Gunung Padang untuk mengungkap misteri yang masih tersembunyi di dalamnya. 

Masih banyak misteri yang belum terungkap, mulai dari adanya ruangan di bawah struktur bangunan, usia struktur paling dasar, hingga hilangnya peradaban maju yang membuat situs ini.

Dengan melakukan ekskavasi lebih lanjut, para peneliti berharap bisa menemukan lebih banyak informasi dan bukti tentang sejarah Indonesia yang lebih kaya dan kompleks dari yang kita tahu saat ini. 

Situs Gunung Padang menjadi bukti nyata bahwa peradaban manusia di Indonesia tidak kalah dengan peradaban di negara-negara lain di dunia.

(br/detik)

Lebih baru Lebih lama