Sempat Ambruk, Pemkab Purwakarta Akhirnya Rampungkan Jembatan Baru Cibayongbong

Jembatan baru Cibayongbong/antara

Beropini.id - Jembatan Cibayongbong di Desa Sukamukti, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat akhirnya rampung dibangun setelah sebelumnya mengalami ambruk pada Maret 2022 lalu. 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Purwakarta, Ryan Oktavia, mengungkapkan bahwa pembangunan jembatan tersebut memakan anggaran sebesar Rp8,9 miliar dari APBD Purwakarta.

Jembatan Cibayongbong ini dibangun dengan menggunakan rangka baja dan lantai jembatan yang terbuat dari pengerasan beton dengan bentang 30 meter, lebar jalan 7 meter, dan lebar trotoar 60 centimeter. 

Ryan juga menambahkan bahwa jembatan Cibayongbong merupakan bagian dari pengembangan pembangunan Jalan Lingkar Barat Purwakarta.

Dengan rampungnya pembangunan jembatan Cibayongbong, masyarakat sekitar dapat kembali memanfaatkannya untuk aktivitas sehari-hari dan meningkatkan roda perekonomian. 

Sebelumnya, ambruknya jembatan ini sempat membuat akses jalan warga Desa Sukamukti lumpuh dan menghambat mobilitas menuju desa lain di wilayah Kecamatan Maniis.

Ryan Oktavia juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan melanjutkan pembangunan Jalan Lingkar Barat tahun ini dengan menyelesaikan pembangunan ruas jalan Ciririp Sukasari dan jalan Cikanyayang. 

Pengembangan wilayah bagian barat Purwakarta diharapkan dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat di berbagai sektor, termasuk sektor pariwisata, pertanian, perikanan, dan peternakan.

(br/antara)

Lebih baru Lebih lama