Rilis Data BPS, Bupati Umumkan Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Purwakarta Merangkak Naik

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika/dok. Pemkab

Beropini.id - Kabupaten Purwakarta mencatatkan peningkatan Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) sebesar 1,82 persen pada periode tahun 2021-2022. Angka ini naik dari sebelumnya hanya 3,42 persen di tahun 2021 menjadi 5,24 persen di tahun 2022. 

Hal ini diumumkan oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada Senin, 6 Maret 2023 setelah rilis dari Badan Pusat Statistik (BPS) Purwakarta.

Menurut Bupati Anne Ratna, kenaikan LPE yang signifikan ini harus disambut dengan optimisme, karena menunjukkan bahwa ekonomi Purwakarta semakin membaik seiring dengan pemulihan ekonomi nasional dan global yang semakin membaik juga. 

"Angka LPE sebesar 5,24 persen ini melampaui target RPJMD tahun keempat yang diangka sekitar 4 persen, sehingga menunjukkan bahwa semua sektor di Purwakarta berjalan beriringan," ujar Bupati Anne Ratna.

LPE sendiri bukan hanya didasarkan pada nilai nominal, perputaran uang dan investasi, melainkan juga faktor-faktor lain seperti pembangunan sumber daya manusia (SDM), pembangunan infrastruktur, dan pembangunan-pembangunan lainnya. 

Oleh karena itu, pencapaian LPE sebesar 5,24 persen ini menunjukkan bahwa pembangunan di Kabupaten Purwakarta telah berjalan dengan baik dan telah berhasil melebihi target yang telah ditentukan sebelumnya.

(br/purwakartatalk)

Lebih baru Lebih lama