PKS Siapkan Nama-nama Kader yang akan Maju di Pilwalkot Bandung 2024

Imam Lestariyono bersama awak media/dok. PKS

Beropini.id - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) siap merilis nama-nama kader yang akan maju dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Bandung 2024. Dalam pengumuman tersebut, PKS menegaskan bahwa hanya akan ada tiga kandidat yang akan dideklarasikan.

"Segera saja kami akan merilis dari kader internal kami. Insya Allah, dalam waktu dekat," kata Sekretaris Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan DPW PKS Jabar, Iman Lestariyono,dilansir dari detikJabar.

Menurut Iman, tujuan dari pengumuman ini adalah agar masyarakat Kota Bandung bisa menilai para calon. "Mudah-mudahan deklarasi akan dilakukan pada bulan Maret, tidak terlalu lama. Mungkin awal atau akhir Maret," ujarnya.

Lebih lanjut, Iman mengatakan bahwa PKS juga telah melakukan survei internal, dan selalu memperhatikan hasil survei dari beberapa lembaga. Baru-baru ini, hasil survei dari Polsight menunjukkan bahwa PKS adalah partai dengan elektabilitas yang tinggi di Kota Bandung.

"Kami juga membaca hasil survei dari Polsight bahwa masyarakat sebenarnya menunggu siapa yang akan diusung oleh PKS. Kira-kira siapa dari PKS yang akan maju," kata Iman.

Politisi PKS itu menambahkan bahwa hasil survei internal dan beberapa lembaga tidak jauh berbeda. Namun, Iman enggan mengungkapkan siapa saja kader yang akan dideklarasikan untuk diusung di Pilwakot Bandung.

"Kemungkinan lebih dari satu figur. Tapi tidak terlalu banyak. Harapan kami tidak lebih dari tiga. Hal ini untuk memberi pilihan pada masyarakat, dan untuk yang tidak terpilih, silakan mencari pasangan yang tepat," ujarnya.

Iman juga mengakui bahwa Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan, menjadi salah satu kandidat yang mungkin akan diusung oleh PKS. Namun, Iman tidak dapat memastikan apakah Tedy akan benar-benar maju atau tidak.

"Kita tidak tahu pasti. Pada prinsipnya, siapa pun harus siap. Jika partai tidak memilih, ya tidak. Kita harus patuh," tambah Iman.

Dalam survei Polsight, beberapa kader PKS memang masuk dalam bursa Pilwakot Bandung 2024. Untuk calon wali kota, ada tiga nama dari PKS, yaitu Haru Suandharu yang juga Ketua DPW PKS Jabar, Tedy Rusmawan, dan Situ Muntamah.

(br/detik)

Lebih baru Lebih lama