Mengkritik tapi Memihak, Aliansi BEM Purwakarta Cederai Independensi Mahasiswa?

Mantan Presiden BEM STT Wastukancana Purwakarta Rizki R. Adi/istimewa

Beropini.id - Kritik yang dilayangkan oleh Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Purwakarta kepada DPRD Purwakarta telah menimbulkan berbagai respon dari masyarakat. Salah satu yang memberikan tanggapan atas hal ini adalah mantan Presiden BEM STT Wastukancana yang pernah aktif di Aliansi BEM Purwakarta, Rizki R. Adi. 

Rizki menyatakan bahwa kritik yang dilakukan oleh ABP tidak tepat, mengingat bahwa melalui pemberitaan media, terlihat bahwa ABP cenderung tidak independen dan terlalu memihak Bupati Purwakarta yang terlihat panik merespon dinamika yang terjadi.

Namun, di sisi lain, Rizki juga setuju dengan suara yang dibawa oleh ABP. Menurutnya, semua pihak harus fokus pada hal-hal yang dibahas saat Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), yang mana acuan dalam penyusunan dokumen sesuai kebutuhan masyarakat. 

Rizki juga menekankan bahwa ABP harusnya menjadi jembatan aspirasi masyarakat, bukan menjadi juru bicara Bupati atau DPRD.

Aliansi BEM Purwakarta sendiri baru-baru ini dikukuhkan dengan tema Dampak Disharmoni Kekuasaan Terhadap Pembangunan Daerah pada tanggal 17 Maret 2023 lalu. 

Menurut Rizki, seharusnya ABP bisa menjadi mitra kritik bagi kedua lembaga tersebut, bahkan lebih bagus jika bisa menjadi mediator tanpa harus memperlihatkan keberpihakan kepada salah satunya. Hal ini karena yang diperjuangkan adalah kepentingan masyarakat.

Terkait dengan statement Ketua DPRD tentang pemilihan Bupati Purwakarta yang harus diganti pada pemilihan selanjutnya, Rizki menyatakan bahwa ia lebih dari setuju, bahkan lebih baik jika semuanya diganti, termasuk DPRD. Menurutnya, keduanya terlihat kekanak-kanakan dan tidak serius dalam membangun Kabupaten Purwakarta. 

"Terlalu asik main sinetron, sutradaranya keren," pungkasnya dengan nada kesal.

Dalam hal ini, kita dapat melihat bahwa terdapat perbedaan pandangan antara mantan Presiden BEM STT Wastukancana dengan Aliansi BEM Purwakarta. Namun, meskipun terdapat perbedaan pandangan, kita dapat memahami bahwa mereka memiliki keinginan yang sama yaitu untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat. 

(br/viva)

Lebih baru Lebih lama