Kecamatan Jatiluhur Purwakarta Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah Warga Rusak

Bangunan rusak setelah diterjang puting beliung di jatiluhur/istimewa

Beropini.id - Angin puting beliung melanda Kampung Parang Gombong, Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta pada Senin, 20 Maret 2023 sore hari. 

Kejadian ini merusak sebanyak 28 warung dan dua rumah di kawasan tempat wisata Jatiluhur tersebut. Banyak dari warung dan rumah yang rusak parah pada bagian atapnya akibat diterjang angin kencang tersebut.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purwakarta, Juddy Herdiana, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. 

Meskipun tidak ada korban jiwa atau luka, warga yang tinggal di lokasi tersebut harus mengungsi ke tempat lain karena aliran listrik terputus.

"Kondisi saat ini di lokasi gelap gulita, aliran listrik terputus. Warga yang tinggal di lokasi kejadian kami ungsikan terlebih dahulu ke daerah terdekat yang ada aliran listriknya," ucapnya.

Hingga saat ini, pihak BPBD masih bertugas di lokasi kejadian untuk memberikan bantuan dan menangani warga yang terdampak bencana. 

Meski sudah malam dan tidak mungkin untuk melakukan evakuasi, Juddy menyatakan bahwa akan dilakukan kerjabakti pada pagi hari besok.

Kampung Parang Gombong merupakan sebuah kawasan wisata yang cukup populer di Purwakarta, dan kejadian ini tentu saja sangat merugikan bagi para pelaku usaha di sana. 

Meskipun demikian, diharapkan pihak berwenang segera memberikan bantuan dan dukungan kepada para korban agar dapat memulihkan keadaan dengan cepat.

(br/pikiran-rakyat)

Lebih baru Lebih lama