Hebohnya Kerusakan di Ranca Upas Akibat Event Motor Trail yang Rusuh

Ranca Upas Rusak Berat/tangkapanlayar tiktok

Beropini.id - Event motor trail yang digelar di Ranca Upas, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung pada akhir pekan lalu berakhir dengan rusuh. Pasalnya, beberapa area di kawasan Ranca Upas mengalami kerusakan akibat adanya event tersebut.

Kapolsek Ciwidey, Iptu Anjar Maulana, mengatakan bahwa kerusakan tersebut merembet hingga jalan dan perkebunan milik warga. Hal ini disebabkan oleh motor yang melewati perkebunan milik warga.

"Karena lokasinya di kebun, yang rusak, kebun kopi sama kebun sayur. Jadi beberapa dari petani atau warga itu jalan atau akses ke lokasi petani itu rusak. Soalnya banyak motor yang lewat situ," jelasnya.

Namun, panitia event tersebut menjanjikan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi di Ranca Upas. Mereka akan melakukan perbaikan dan memberikan kompensasi kepada warga atau petani yang dirugikan.

"Pohon-pohon dan tanaman milik petani sudah diganti oleh panitia. Saat ini panitia masih dalam proses penggantian kompensasi," tambahnya.

Meski demikian, Anjar menegaskan bahwa ketua panitia belum ditetapkan sebagai tersangka karena mereka menyanggupi adanya penggantian kerugian. Selain itu, saat kejadian, pihak Polsek Ciwidey, Pengelola Ranca Upas, dan warga juga melakukan evakuasi secara bersama-sama untuk membantu peserta yang terjebak di area track.

"Kami juga ngebantu para peserta yang terjebak yang di hutan bersama warga, pengelola Ranca Upas, ada ambulans juga. Kami juga sempat menanyakan ke mereka. Kalau merasa dirugikan silakan laporan ke kami," ucapnya.

Akibat kejadian ini, diharapkan para pelaku event dapat lebih memperhatikan dampak yang ditimbulkan bagi lingkungan sekitar. 

Selain itu, penting juga bagi panitia event untuk memastikan keselamatan para peserta serta menjaga kebersihan dan keamanan area yang digunakan.

(br/detik)

Lebih baru Lebih lama